DUMPLINGS (percobaan)



Sebenernya sudah lama banget saya pengen bikin dumpling. Sejak episode si "Song's Triplets and their Appa" makan dumplings ber-tray-tray banyaknya di Superman Return beberapa tahun lalu, hayyah.. lamanya.. hehehe.



Lamanya keinginan sampai eksekusi bikin nih camilan bukan karena terhalang kesempatan atau bahan-bahan sih, tapi kemauan aja yang menggik menthul alias naik turun, hehehe. Apalagi saya kepengen kulit dumplingnya itu bikin sendiri, bukan yang udah jadi, dan itulah yang bikin tambah males. Ya iyalah, anak udah 2 ini, mau rempong-rempongan bikin kulit dumpling ya agak mikir gimana gitu. Dan setelah mengundi jumlah semut di rumah yang terakhir mengatakan bahwa saya harus segera bikin, maka here we come,  akhirnya kesampaian juga eksekusi resep dumpling ala-ala dan ternyata berhasil.

Sebagai pembukaan, saya merekomendasikan bikin kulit di malam hari ya pas anak-anak udah tidur. Soalnya saya kan gak punya alat gilingan pasta, jadi saya manual nipisin adonan kalis pake roller *gak usah dibayangin betapa rempongnya*. Begitu adonan kuilt jadi, wuiihhh bisa deh tidur dengan nyaman sambil menunggu waktu eksekusi isi esok harinya.

Bahan Kulit :
6 sdm tepung terigu
1/2 sdt garam (secukupnya)
Air secukupnya. 

Cara membuat kulit :
  • Campur semua bahan kulit, uleni hingga kalis. (kalis = adonan menyatu dan tidak lengket di kulit). Ohya, kalis disini jangan yang padat banget ya. adonan harus tetep lentur dan bisa ditarik paling tidak 10 cm-an. Kalau terlalu keras, bakalan susah digiling pake roller pin.
  • Ambil alas untuk memipihkan adonan, balur dengan tepung terigu.
  • Ambil seperempat adonan, pipihkan di atas alas yang sudah dibaluri terigu. Gilas dengan roller pin hingga melebar.
  • Baluri permukaan adonan dengan terigu, lalu lipat adonan menjadi 4 bagian seperti melipat kertas yang dibuat kipas. Lalu gilas lagi dengan roller pin. Prinsipnya, buat adonan menjadi setipis mungkin. Dan saat melipat, pastikan tidak lupa membaluri adonan dengan terigu dulu biar gak lengket.
  • Setelah adonan menjadi tipis, potong sesuai ukuran yang diinginkan, simpan di tempat kering dan tutup dengan plastik wrap untuk menahan kelembapan kulit dumpling.
sumber : youtube






Bahan Isi :
500 gr daging ayam giling
Brokoli yang sudah dicincang
Wortel yang diparut kecil
4 siung bawang putih (haluskan)
1 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin/soy sauce
2 sdm minyak zaitun (minyak goreng juga boleh)
1 sdm maizena
2 sdm tapioka
1 butir telur ayam

note : adonan saya ini padat ya. Kalau pengen adonan isi dumplingnya moist, maizena sama tapioka bisa diganti sama 4 lembar roti tawar dan susu cair fullcream kira-kira 100 ml, yang diblender bersamaan, lalu dicampur dengan adonan ayam giling,

Cara Membuat Dumpling ayam :
  • Campur semua bahan jadi satu, aduk hingga rata.
  • Simpan di dalam kulkas kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap.
  • Siapkan kukusan dengan api sedang. Jangan lupa memakai alas kertas roti, atau kain katun putih basah agar dumpling tidak lengket di klakat saat di kukus.
  • Ambil kulit dumpling, masukkan satu sendok teh adonan isi, olesi pinggiran kulit dengan air agar bisa melekat saat kulit berisi adonan ditutup.
  • Kukus dumpling, posisikan agar tidak terlalu dekat satu dumpling dengan yang lainnya. Kukus selama 10-15 menit.
  • Setelah dumpling matang, baluri minyak zaitun dengan bantuan kuas makanan, ini untuk mencegah permukaan dumpling cepat kering.




Ternyata Dumplingku berhasiiiilll euuyyy... selamat mencoba semua ya buibuuuu...

PS : ternyata, bikin dumpling ada loh yang langsung direbus, jadi gak pake acara kukusan segala. Cuma saya belum berani coba, karena merebus dumpling itu kayaknya bakalan membuat saya khawatir, ya khawatir sama rasa yang udah terkontaminasi air, ya khawatir sama kulit dumpling yang nantinya terlalu benyek. So, kapan-kapan aja deh nyoba dumpling rebusnya. Hehehe.

2 komentar:

  1. Wah mantap banget mbak :D
    ane jadi tukang icip aja deh. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, liat gambar doang emang kerasa ya mbak? Sok atuh bikin..

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>