AYAM GORENG NAGIH (ala BonChon)

Assalamu'alaikuumm.. Yuhuuuu...


Yang masih punya utang gak usah Baper ya sama judul saya di atas. Mentang-mentang punya utang jadi baper liat kata-kata "nagih", hehehe.


Sebenernya, saya pengen eksekusi resep ayam bakar coca cola yang ala pizza hut itu loh, tapi berhubung saya males keluarin oven segala, akhirnya saya cari alternatif lain masakan berbahan ayam yang bisa dihubung-hubungkan sama coca cola. Eloohhh.. hehehe, tetep maksa yak mau masukin coca cola ke masakan. Habis masih heran sih, kok bisa itu minuman bersoda katanya bisa cocok untuk mengkaramelisasi masakan terlebih yang berbahan dasar ayam, saya gak percaya sebelum coba sendiri.

Resep ini, aslinya nemu di cookpad, cuma saya modif sedikit lah pake tambahan coca cola ituuuhh. Baiklaahh, yang mau bikin AYAM NAGIH ala BonChon versi saya ini, monggo ikuti step-step berikut ini.

Bahan : 
  • 1 kg Sayap Ayam 
  • 1 butir putih telur
  • 4 sdm tepung terigu 
  • 1 sdm tepung beras (optional) 
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt baking soda
  • 6 siung bawang putih, cincang.
  • 6 sdm saos tomat
  • 3 sdm saus tiram
  • 6 sdm saus sambal
  • 2 sdm madu 
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1 sdt cuka masak atau 1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya (saya pake 1 buah biar kerasa asemnya, hehehe)
  • 125 ml coca cola
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Gula
  • secukupnya Merica
  • 1-2 sdm maizena (lagi) untuk marinasi ayam

Cara Membuat :


  1. Cuci sayap ayam hingga bersih, lalu potong menjadi 2 bagian.
  2. Marinasi (bumbu yang didiamkan) ayam dengan 2 sdm maizena, 1 sdt munjung garam, 1/2 sdt merica, dan kocokan putih telur. Aduk hingga rata, lalu simpan ayam dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit.
  3. Sementara menunggu ayam dalam kulkas, siapkan bumbu saos yang terdiri dari : bawang putih yang ditumis lebih dahulu, saos tomat, saus tiram, saus sambal, madu, minyak wijen, dan air jeruk/cuka, tambahkan 1/2 sdt garam, gula, dan merica. Masak hingga mendidih.
  4. Saat sudah mendidih, masukkan coca cola dalam adonan saos, aduk hingga merata dan biarkan mendidih lalu agak kental, matikan api.
  5. Kalau kurang kental, bisa ditambahkan larutan maizena sesuai selera.
  6. Dalam wadah terpisah, siapkan lapisan tepung ayam yang terdiri dari : terigu, tepung beras, maizena, dan baking soda, tambahkan 1 sdt garam dan 1/2 sdt merica. Aduk rata.
  7. Keluarkan ayam dari kulkas setelah 30 menit (atau lebih). Panaskan wajan dengan minyak.
  8. Baluri permukaan ayam dengan tepung yang sudah dipersiapkan hingga merata, sambil diremas-remas.
  9. Jika minyak sudah panas, masukkan ayam dan goreng dalam api "kecil-sedang" agar bagian dalam ayam matang sempurna. Menggoreng ayam ini tidak perlu sampai garing/kecoklatan, karena proses penggorengan akan dilakukan 2x untuk mendapatkan ayam yang krispi.
  10. Tiriskan ayam setelah proses penggorengan yang pertama, jika ketebalan tepung yang diinginkan belum tercapai, maka sebelum digoreng lagi ayam dapat kembali dibaluri tepung baru masukkan ke dalam minyak panas penggorengan. Tapi jika ketebalan tepung sudah cukup, langsung masukkan ke penggorengan. Kali ini, api yang dipakai adalah sedang-besar, untuk mendapatkan warna kecoklatan yang lebih cepat.
  11. Panaskan wajan yang cukup besar, masukkan saos dan biarkan hingga mendidih kecil, baru masukkan ayam krispi, aduk hingga merata, lalu matikan kompor.
  12. Saran penyajian : Jika masih lama waktu menyantapnya, pencampuran saos dan ayamnya bisa dilakukan menjelang penyajian, biar rasa kriuk dari ayamnya gak ilang.
Bumbu Saos Ayam Nagih ala BonChon

Ayam yang setelah proses penggorengan pertama dengan api kecil

Saya celupkan lagi ke tepung, karena kurang tebal tepungnya menurut saya

Setelah melalui tahap kedua penggorengan dengan api sedang-besar, lebih kriuk dan garing

Ini tambahan gambar untuk sedikit mendramatisir keadaan saat saya bikin nih masakan. Anak wedok gak mau turun dari gendongan, walhasil sepro jalan saya harus masak sambil menggendong 7 kg bobot nih anak. Warbyasaahh!!

Saya sendiri belum pernah nyobain ayam popnya BonChon sih, karena lokasi yang bisa saya capai baik pergi sendiri maupun pake go-food lumayan jauh, kalo gak ke TP ya ke Galaxy Mall. Sebenernya Galaxy emang deket banget sama lokasi kantor saya, tapi yaaa karena taunya letak BonChon baru sekarang setelah jadi Ibu Rumah Tangga, apa mau dikata, masa iya saya harus jadi pegawai lagi biar deketan ama Galaxy Mall, hehehe.

Tapi aseelliiii.. ini ayam enak banget dah! Rasanya gak beda sama asam manis sih, cuma lebih dominan manis gurih yang ini. Mungkin karena bantuan dari setengah botol coca cola tadi kali ya. Cobain deh. Pake nasi putih anget, pasti nagih. Beneran!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>