Cireng Isi Mozarella


Hamil yang sekarang ngidam makanan emang kadang suka asal njeplak deh, kaya ini contohnya. Cireng isi Mozarella.

Kalau ngomongin cireng, dulu saya sempet sukses jadi pedagang cireng rumahan loh, ciyus! Tapi karena terlalu diforsir dan mengakibatkan tangan kesleo, akhirnya saya gak kuat lagi nguleni cireng dalam skala besar, dan terpaksalah saya pensiun dini deh, padahal beberapa teman sudah jadi pelanggan loh (halah).


Beda seperti cireng original yang dulu saya jual, saya tiba-tiba pengen makan cireng yang gak biasa. Dan terbesitlah ide untuk membuat cireng ini.

Bahan dan bumbu :
100 gr aci/tapioka/kanji
50 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdt penyedap rasa (saya pake royco sapi)
1 batang daun bawang, iris halus

Isian :
Keju mozarella (saya pake merk greenfields) potong dadu 1x1cm
Keju melt (saya tambahkan karena moza nya gak terlalu asin) 1x1cm

Tepung tapioka untuk taburan, secukupnya

Biang :
50 gr aci
150 ml air dingin suhu ruang
2 siung bawang putih haluskan 

Cara membuat :
  1. Campur adonan kering yaitu aci, terigu, garam, penyedap rasa, dan daun bawang. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Buat adonan biang langsung di wajan teflon (biar gak lengket). Masukkan aci, bawang putih, dan air lalu aduk sampai rata tidak ada yang menggumpal
  3. Setelah adonan biang rata nyalakan kompor dengan api kecil lalu aduk-aduk adonan sampai jadi liat kaya lem. Matikan kompor.
  4. Setelah adonan biang tidak terlalu panas (jangan sampe dingin juga ya), masukkan biang ke dalam adonan kering, campur sampai rata.
  5. NOTE : Pencampuran antara biang dan adonan kering membutuhkan tenaga ekstra, soalnya adonan harus rata. Hehehe
  6. Cicipi adonan yang sudah rata, kalau perlu panaskan minyak goreng lalu goreng secuil aja adonannya apakah rasanya sudah pas atau belum. Karena cireng ini akan diisi keju-kejuan yang rasanya asin, kalau bisa adonan juga jangan terlalu asin, biar imbang nanti saat isian keju udah masuk.
  7. Setelah percobaan adonan secuil digoreng dan rasanya sudah pas, barulah kita mulai membentuk cireng dan memasukkan isian keju di dalamnya.
  8. Baluri tangan dengan tepung aci, lalu ambil sejumput adonan, pipihkan lalu isi dengan 2 jenis keju tersebut, tutup dan bentuk bulat-bulat. Balurkan ke tepung aci agar tidak lengket. Lanjutkan sampai habis.
  9. NOTE TAMBAHAN : saya pernah diberi saran sama seorang teman (saya belum coba sih), kalau ingin luarnya lebih krispi, tepung aci untuk baluran akhir sebaiknya sedikit ditambahkan air lalu diaduk kasar sampai menggumpal-gumpal gitu, lah tepung aci kasar itu nanti yang akan jadi permukaan cirengnya. Tapi karena anak saya ikut makan dan saya khawatir terlalu keras, makanya saya skip.
  10. Goreng cireng dalam minyak panas dengan kompor sedang. Angkat jika sudah kuning keemasan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>