Second Pregnancy : Pemeriksaan kedua dedek ( 8 weeks )

12 Oktober 2015

#Latepost
Tiba-tiba udah pemeriksaan kedua aja nih si dedek, hehehe. Iya pemeriksaan pertama kemaren pas habis testpack malemnya langsung ke dokter kandungan di RS deket rumah. Atas kesepakatan bersama, saya dan suami memutuskan untuk memakai jasa obgyn yang ada di RS tersebut, ketemu dengan dr. Ninuk yang orangnya super duper ramah, dan terlihat banget kalau beliau selalu mencoba intim pada tiap pasiennya, dan yang terpenting dr.Ninuk juga komunikatif banget, jadi tentram lah hati ini (halah).

Karena usia kandungan saat di USG waktu itu diperkirakan baru berusia 4 atau 5 minggu, makanya sama dr. Ninuk lalu disuruh balik 2 minggu kemudian. Dan setelah diperiksa untuk kedua kalinya, kehamilan saya menginjak usia 7 weeks katanya, 2 bulanan. Janin saya sehat, tumbuh normal (1,53 cm), dan saya diberi vitamin folavit saja untuk 25 hari ke depan. Alhamdulillaah.. kamu sehat-sehat ya dek.
karena USG gak pake print out, kira-kira sih
bentuknya si dedek begini ya..


Sebelumnya saya diresepkan fetavita dan pregnolin, kata dr. Ninuk pregnolin itu salah satu merk obat penguat kandungan. Obat ini diresepkan setelah saya bercerita kalau saya adalah ibu pekerja dan menempuh jarak lumayan jauh dari rumah ke kantor, belum lagi saya naik motor pula untuk sehari-harinya. Jadi karena janin saat itu masih dalam fase penempelan pada rahim, sayang kalau tidak dikuatkan dengan obat tambahan.

Kalau sebelumnya saya selalu meminta hasil foto USG, kali ini suami langsung saya minta mengabadikan lewat video. Lumayan juga kan untuk membantu menghemat kertas print-out nya hehehe. Kenapa saya video kan? Agak panjang ceritanya...

Hamil anak kedua ini, Naell masih masuk di usia yang butuh banget sama perhatian orang tuanya, dengan adanya calon adik, otomatis kami sebagai orang tua mulai putar otak dan melatih agar bisa adil membagi perhatian nantinya. Tentu saja hal ini juga harus didukung oleh sikap Naell sendiri sebagai seorang kakak yang idealnya bisa sayang sama adeknya nanti.

Rencana kami sekarang belum muluk-muluk. Kami hanya ingin mengenalkan Naell tentang adanya makhluk mungil lain yang nantinya akan menemani hari-harinya di keluarga kami. Kami ingin menceritakan hal yang baik-baik tentang sang adik agar Naell menerima dari sisi positif nantinya. Kami ingin memperlihatkan padanya apa itu "adik" dan bagaimana Naell sebagai kakak nanti seharusnya bersikap.

Dengan USG ini, saya mencoba membangun hubungan batin sang adik dengan Naell. Video yang direkam oleh sang Papa kami perlihatkan pada Naell, kami mencoba menggali antusiasmenya terhadap calon saudaranya itu, kami mencoba mengenalkan kasih sayang sedari dini kepada adeknya. Dan alhamdulillah Naell merespon positif video yang saya tunjukkan. 

Kebahagiaan saya bertambah, saat saya meminta Naell menciumi adek dalam perut saya dan mengatakan padanya untuk selalu sehat, tanpa diminta dua kali dia selalu melakukannya. Dia mencium dengan gayanya, lalu mengelus perut saya sambil berkata "ehat", kata singkat dari "sehat ya adek", hehehe.

Selanjutnya, masih ke Naell.. saya mulai membatasi memberikan ASI hanya di malam hari saja, itupun juga sudah mulai saya batasi lagi sekarang. Kalau dulu tiap dia bangun merengek minta mimik, selalu saya kasih. Tapi sekarang, saya mencoba mengalihkan perhatiannya dengan mengusap punggungnya agar mau tidur lagi, atau memberikan pengganti seperti air putih, saya juga mencoba memberikan sounding pada Naell bahwa dia sudah besar dan sudah waktunya berhenti mimik.

Berat? Pasti. Apalagi kalau malam-malam saya tidak berhasil membujuknya dan dia menangis, rasanya hati saya juga perih, saya memahami apa yang dia rasakan, tapi di satu sisi saya juga harus membuat Naell memahami bahwa dia telah masuk ke tahap selanjutnya sebagai seorang manusia. Saya pasti memeluknya saat itu, saya pasti menciumi kepalanya dan berdoa kepada Allah agar Naell dilembutkan hatinya untuk menerima sounding dari saya.

Dan buat adek, seperti doa kami semua, semoga Allah senantiasa melindungimu ya sayang, sehatlah selalu seperti doa Mas Naell.

2 komentar:

  1. selamat ya mbak atas kehamilanya yang ke dua semoga bayinya lahir dalam keadaan sehat. Amin

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>