KREMESAN RENYAH


Siapa sih yang gak suka kremesan??? Sebagian besar orang Indonesia pasti suka sama jenis makanan kriuk'an yang satu ini, tidak terkecuali saya.. Hahahaha, hush! Puasa!


Kremesan ini biasa jadi teman hidangan utama seperti ayam goreng, bebek goreng, ikan goreng, cumi goreng, tahu tempe goreng, semut goreng, sandal goreng, kapur goreng, hashhh... 3 item terakhir anggap tidak ada, maklum konsentrasi menurun karena sedang puasa (alesan), hehehe.

Lanjut yaah.. kalo saya nih, yang namanya kremesan sebagai topping main course apapun mah hajar ayuk, malahan kalo ada yang jual bebek atau ayam goreng dengan potongan dagingnya yang seuprit, saya mah gak masalah asal kremesannya banyak. Itu menandakan bahwa saya suka banget sama yang namanya kremesan, iyalah masa menandakan waktu buka puasa udah dekat?? Skip. Again!

Jadiiiii.. karena saya habis buka-buka web nya mbak diah didi yang ada resep bikin kremesannya, makanya saya penasaran banget pengen cobain bikin, apalagi ternyata dari testi-nya banyak banget yang sukses. Dan setelah saya mencobanya, ALHAMDULILLAAH.. sesuatu pemirsahh!! Sampe melongo saking suksesnya kremesan saya.

Resep di bawah sudah saya modifikasi sedikit ya, bumbu-bumbu kaya bawang putih cincang, kaldu ayam sebagai pengganti air, atau bumbu lainnya lagi gak nemu di rumah karena saya lelah.. lelah menyiapkan segalanya pemirsah, harap maklum, puasa.. (haayyaahh)

Selain itu, resep aslinya menggunakan tepung tapioka 100 gr, tapi setelah saya pakai tepung tapioka saja, rasa kremesannya kurang "nendang", kaya enteeengg banget gitu, akhirnya saya putuskan juga deh untuk me-replace sebagian tapioka dengan tepung beras biar agak "berat" hasil kremesannya.

Pengen cobain?? yuukk intip resepnya, 

Bahan :
60 gram tepung Tapioka / Kanji
40 gram tepung Beras
300 ml air putih
1/4 bungkus (atau sesuai selera) Bumbu Gule Instan
Garam secukupnya
1 butir kuning telur

Cara membuat :
Siapkan wajan teflon ukuran sedang, masukkan tepung tapioka, tepung beras, air putih, bumbu gule, dan garam. Aduk rata jangan sampai ada yang menggumpal.

Ini bumbu instan yang saya pakai
 Nyalakan api sedang, masak adonan hingga liat kaya lem. Matikan kompor.


Siapkan blender dan masukkan adonan "lem" ke dalam blender selagi panas, lalu blender selama kurang lebih 1 menit. Matikan blender.

Masukkan kuning telur ke dalam blender, lalu blend lagi selama kurang lebih 1 menitan juga.

Adonan siap untuk dipindah di mangkok.


Dari bentuk lem tadi, setelah diblender bareng kuning telur hasilnya kaya begini
Siapkan wajan dengan minyak panas di atas api nyala sedang. Coba masukkan satu tetes adonan kremes, jika langsung mengambang dan mengeluarkan bunyi "berisik", maka minyak sudah panas.

Ini adalah nyala api "sedang" versi saya
SARAN : Pakailah baju syar'i saat menggoreng kremesan ini, (serius!) karena bunyi berisik di atas menghasilkan percikan minyak yang cukup heboh, sehingga saat memasakknya saya membungkus tangan kanan saya dengan serbet dan kakipun terpaksa manja pake kaos kaki. Lebay sih, tapi seriusan deh, ini untuk antisipasi aja biar gak kaget saat masukin adonan sedikit demi sedikit ke wajan panas.

Masukkan sesendok adonan kremes sedikit demi sedikit, dan ulangi sesendok lagi jika dilihat wajan belum terlalu penuh adonan kremesan.

Ajaibnya, adonan tadi langsung "nyarang" sendiri di atas wajan

Tunggu hingga berwarna keemasan dan buih-buih minyak beserta bunyi hebohnya berkurang.



Angkat lalu tiriskan dalam wadah yang sudah diberi tisyu makan.



Setelah dingin dan minyak pun cukup terserap oleh tisyu, segera pindah ke dalam toples kedap udara untuk mempertahankan tekstur kriuknya.

Selamat mencoba ya semuanyaaaa....
Bahan Kremesan praktis :
100 gram tepung tapioka
300 ml air
3 siung bawang putih
1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa ayam
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
1 buah kuning telur
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/01/tempe-kremesrenyah-nyarang-dan-tebal.html#sthash.LUIfKpWq.dpuf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>