NAGET KENTANG CREAMY SYALALA

Sebenernya naget kentang ini cemilan yang udah 2x saya coba dengan resep yang sama, dan selalu berakhir ambyar (hancur) saat masuk ke penggorengan. Usut punya usut, setelah saya gugling, kentang yang memang saya kukus itu ternyata membuat komposisi air dalam kentang sendiri bertambah, apalagi sebelum dikukus kentangnya saya potong-potong (good! tambah nyerap air kan?), dan karena kandungan air yang bertambah itu, plus Susu Kental Manis dan lemak dari keju cheddar yang jadi bahan pelengkapnya membuat suksesnya naget kentang punya saya hancur lebur saat digoreng, udah hancur, lengket lagi di teflonnya, lumayan bikin trauma, hehehe. Sayang banget, padahal resep ini adalah resep cemilan paling sederhana tapi enak sebenernya.

Dari beberapa artikel yang saya baca pun, cara mengatasi adonan kentang rebus biar gak hancur ini macem-macem, ada yang ditambah maizena, atau ditambah tepung sagu, bahkan ada yang dicampur menggunakan tepung khusus seperti Tepung bakwan dan perkedel punya Kobe. Tapi saya dengan keras kepalanya tetep gak mau nambahi resep tepung-tepungan di atas, hanya karena saya ingin benar-benar mempertahankan sisi karbohidrat dan serat alami dari kentangnya, kalau sudah ditambah tepung-tepungan selain rasa berubah, kandungan gizinya juga sudah pasti berubah (ihhhh sok tau banget deehh yeee..)

Setelah saya konsultasi lagi sama yang punya resep yaitu mbak Kartika Ayu alias si Tiko, ternyata ada 1 kesalahan yang mungkin membuat naget kentang saya amburadul saat digoreng, yaitu pelapisan sebanyak 2x. Bahkan si Tika juga mempersilahkan saya untuk menambahi adonan kentang dengan beberapa sendok tepung roti untuk dicampur di dalamnya, tapi yang ini jelas saya gak mau, karena sama aja dong kaya nambahin tepung-tepungan di atas (prinsip keras kepala masih bertahan).

And then.. setelah resepnya tika saya coba lagi dengan 2x pelapisan tepung roti, dan mendinginkan suhu kulkas agar freezer bisa lebih membekukan lapisan putih telur dan tepung rotinya, baru deehhh.. teng tereng tereeenggg... inilah naget kentang creamy syalala punya mama Naell.. hehehe..

BAHAN
1 kg kentang, di belah jadi 4 lalu di kukus sampe matang
1 sachet Susu kental manis, saya pake punya frisian flag
1 bungkus keju cheddar
1 bungkus tepung roti
telur kocok secukupnya


CARA BUAT
  • Kupas kulit kentangnya, lalu haluskan. Saya sih menghaluskannya pake garpu aja cukup.



  • Tambahkan parutan keju cheddar sesuai selera, kalau saya mah sampe sebungkus juga ayok ajah hehehe


  • Tambahkan SKM lalu uleni hingga rata

  • Ambil adonan untuk dibentuk sesuai selera (paling simpel ya bentuk gulungan lonjong kecil-kecil gitu).
  • Setelah dibentuk-bentuk lalu celupkan pada telur dan balurkan pada terigu sebagai lapisan pertama.
  • Celup lagi di kocokan telur, baluri dengan tepung roti/panko.

  • Simpan dalam freezer agar lebih solid dan keras lapisan tepung rotinya
  • Goreng dengan minyak panas dan api sedang, sajikan hangat.

FYI,
Untuk mengurangi kadar air dari kentang dan keju, setelah adonan dibentuk (sebelum dilapisi terigu dan panko), bisa juga masukkan dalam oven atau micowave suhu 180 derajat selama 15 menit aja. setelah itu dinginkan dan baru kerjakan proses pelapisan permukaan dengan terigu dan panko.

Percobaan kali ini, entah karena makanan goreng-gorengan adalah favorit Naell atau gimana, yang jelas tiba-tiba si anak Mama ini suka banget nyemilin kentang naget creamy nya. Ayeeyyyy senengnyaaaa...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>