RISOLES JAMUR MAYO


Kalo di postingan yang duluuuuuu saya coba-coba bikin risoles mayo yang mainstream, maka sekarang saya jadi punya ide untuk bikin risol mayo dengan isian yang anti-mainstream, hwehehehe. Mau tau dapet inspirasi dari mana?? Rahassiaaa dweeehhh...

Meskipun resep kulit pernah saya posting juga di sini. Tapi gak papa deh saya posting ulang aja daripada ntar nyatetnya bolak balik gak praktis gitu, hwehehe.

BAHAN
  • 100 gr tepung terigu ayak
  • 4 butir telur ayam (untuk bahan kulit)
  • 250 ml susu full cream (saya biasa pake UHT UJ full cream yang kemasannya warna biru langit)
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sendok margarine / butter (saya prefer pake butter karena hasil akhirnya kulit risol lebih lembut)


    BAHAN ISI
  • 500 ml air putih
  • 800 gr atau 1 kg jamur tiram potong kecil-kecil
  • 1 bks kecil saori saos tiram (kira-kira 2 sdm)
  • 5 sdm saos raja rasa/soy sauce
  • 1 bungkus sosis sapi / daging burger / smoked beef
  • Keju cheddar
  • Mayonaise (still ma favor is Mamasuka Mayonaise)
  • 3 sdm munjung tepung kanji / tapioka
  • Garam dan gula secukupnya
  • 1 butir telur untuk melumuri permukaan risol
  • Tepung panir / tepung roti

CARA MEMBUAT KULIT RISOL
  • Cairkan mentega/butter dalam wajan teflon (wajan bisa dipakai lagi untuk mencetak kulit risol nantinya). Setelah cair, biarkan sejenak.
  • Kocok 4 buah telur dalam wadah cekung, masukkan susu full cream, kocok lagi. Baru perlahan masukkan tepung terigu ayak. Aduk hingga tidak ada yang menggumpal. Tambahkan garam untuk tambahan rasa gurih secukupnya.
  • Masukkan mentega/butter cair ke dalam adonan kulit, aduk rata. Diamkan 15 - 30 menit.
  • Jika kalian mau, panggang sosis / daging burger / smoked beef dalam teflon agar lebih awet saat digunakan sebagai bahan isian risol.
  • Sementara daripada 30 menit nganggur, kalian bisa kerjakan proses isian jamur di bawah ini.
    .
    .
    .
    .
ARA MEMBUAT ISIAN RISOL JAMUR
Okeeyyy, this is the hardest part to make an incredible isian risolnya. Halah lebay. Yuk ngikut..
  • Panaskan 500 ml air dalam panci lalu biarkan sampai mendidih
  • Cuci jamur tiram dengan air, lalu peras sampai kering.
  • Cincang jamur tiram semuanya lalu masukkan ke dalam air mendidih selama 5 menit dari titik didih. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan bau khas jamur.
  • Setelah jamur direbus, buang airnya lalu siram jamurnya menggunakan air dingin. Lalu peras lagi sampe tidak ada air(masih ada air dikit-dikit dimaapin laahh)
  • Setelah jamurnya tiris, masukkan kanji, tambahkan dengan saori saos tiram dan sedikit kecap asin/garam, dan saos rajarasa. Aduk rata, dan cek rasa.
  • Masukkan jamur yang sudah dibumbui ke dalam wajan di atas kompor, aduk hingga rata. 
  • Jika jamur terlalu kering, tambahkan sedikit air.
  • Setelah jamur menjadi lengket, matikan kompor.
  • Sebagai bahan acuan, masakan jamur ini tekstur yang saya inginkan adalah lengket tapi tidak becek (tidak becek semacam beceknya saos fuyunghay atau capcay gitu ya), tapi saya menginginkan lengketnya adalah lengket kering. Ada yang pernah makan Sego Njamoer?? Lah kaya gitu tekstur yang saya pengen. (jiaaahh ketahuan kan dapet inspirasi dari mana)
    .
    .
    .
    .
  • Jika jamur sudah matang, kita kerjakan kulit risol yang tadi sudah kita cuekin itu yah.
  • Siapkan wajan teflon ukuran diameter 20-25 cm (ukuran ini bisa ditawar kok pemirsaaahh, jadi sepunya nya aja deh ya), lumuri dengan mentega.
  • Menggunakan centong sayur ukuran sedang (punya saya kira-kira diemeter 5 cm-an), aduk-aduk kembali adonan kulit sampai merata antara butter cair dan tepungnya, lalu tuangkan secentong adonan ke dalam wajan dan ratakan, tunggu hingga matang, yaitu minimal ketika bagian atas adonan tidak lagi becek. Jika sudah matang, sisihkan dan ulangi sampai adonan habis.
  • NB : saya ada tips nih, saat menuangkan adonan kulit ke wajan, wajannya diangkat atau dijauhkan dulu ya dari kompor. fungsinya biar adonan kulit gak keburu matang sebelum diratakan.

 RISOL JAMUR MAYO get in.
  • Potong persegi panjang keju cheddar nya. Atau bisa juga kejunya diparut.
  • Potong sosis / smoked beef / daging burger menjadi ukuran yang diinginkan. Saran saya pastikan ukuran isian ini gak akan membuat risol kepenuhan muatan, karena jangan lupa masih ada jamur, keju, dan mayonaise yang akan menemani si jamur dalam gulungan risol nanti.
  • Yang saya pakai di sini adalah sosis, jadi sosis saya potong menjadi 2 bagian lalu belah lagi. Baru saya panggang agar lebih awet saat sudah jadi gulungan.
  • Ambil selembar kulit risol, letakkan di atasnya (jangan ditaruh pas di tengah, tapi agak sedikit ke bawah ya naruhnya) jamur, sosis, keju, dan mayonaise.
  • Mulai lipat dari bagian bawah ke atas, lalu samping-sampingnya (seperti lipatan amplop), selanjutnya gulung rapi, olesi ujung-ujungnya dengan telur agar lebih lengket. Lakukan hal serupa pada kulit dan isiannya sampai habis.
  • Siapkan tepung panir/tepung roti dalam loyang.
  • Kocok 1 butir telur dalam mangkok, lalu celupkan risol gulung ke dalam telur, angkat dan balurkan tepung roti pada permukaan risol hingga tertutup rata. Ulangi hal yang sama sampai risol tertutup rapi oleh tepung panir / tepung roti.
  • Masukkan dalam kulkas agar tepung roti / panir merekat sempurna.
  • Selanjutnya masak risoles jamur mayo, dan sajikan dengan daun bawang dan saos sambal. hmm.. Yuumm...

Sedikit info, tekstur risoles mayo ini bener-bener enak dikunyah, rasanya yang gurih dipadu dengan jamur chewy di dalamnya, lengkap dengan tambahan sosis dan mayonaise membuatnya resmi jadi risol bergenre fusion dan layaakk laahh dicobaaaa. Ayooo dicobaaa yaaaa...

Dan inilah tampilan dalamnya. Tadaaaaa...


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>