Surat kecil untuk Sang APATIS GAZA

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Soal Gaza..

Mungkin saya telat soal ini, karena memang saya baru tau ada orang yang mencari celah untuk bersikap apatis terhadap sesama saudara muslim di Gaza sana.


Setelah melihat gambar di atas. Apa yang ada di pikiran anda?? Membenarkan? Atau Sebel? Atau berkata "Iya juga sih" ?

You know what?? Indonesia adalah negara besar yang sangat kaya raya, alamnya penuh dengan berbagai jenis tanah yang dapat ditanami apapun. Pemerintah pun bisa dengan mudah mengakses segala bentuk kekurangan yang dialami masyarakat-masyarakatnya jika mau, orang-orang kaya yang hidup berdampingan dengan koloni orang pinggiran juga seabrek, bahkan si pengunggah gambar ini selalu dengan bangga mengagung-agungkan Nasionalisme dan Idealisme Pancasila yang pastinya mereka sangat mencintai indonesia dan SEISInya termasuk masyarakat miskin. Then prove it! Peliharalah mereka, tolonglah mereka saudara di Indonesia. Daripada anda susah-susah  mengumbar sikap apatis seperti ini.

Banyaknya poster Gaza sama sekali tidak bermaksud melupakan saudara-saudara di Indonesia yang masih juga banyak yang kelaparan. Diantara poster-poster itu mestinya bermaksud untuk mengetuk hati saudara-saudara YANG MAMPU untuk membantu saudara di Gaza. Mampu dalam hal apapun, uang, tenaga, atau mungkin hanya sekedar doa. Bagi yang tidak mampu, yang jangan! 

Saya termasuk orang yang belum mampu terlalu banyak membantu saudara-saudara di Gaza sana, karena kemampuan saya terbatas untuk orang-orang di sekitar saya saja. Tapi jika ada kesempatan, maka sudah pasti saya bersedia juga membantu mereka. Demikianlah, Allah memberikan kemampuan yang berbeda-beda dari setiap manusia.

Lalu kalau ada orang-orang yang mampu untuk membantu Gaza, kenapa mereka tidak juga membantu saudara miskin di negeri sendiri? Itulah anggapan mereka mungkin. Hey! Janganlah mengedepankan su'uzon lah. Apakah anda yakin kalau orang-orang yang bermaksud membantu Gaza itu tidak pernah membantu saudara miskin di sekitar mereka? Apakah anda yakin orang-orang yang ber-Empati terhadap keadaan Gaza itu sama sekali tidak pernah turun tangan meringankan beban saudara se-Negara? Kalian gak tahu kan? Nah! Makanya itu sebaiknya jangan asal bicara tentang Gajah di Pelupuk Mata atau Gajah apa kek yang sedang nangkring di Gaza sana.

Saudara-saudara yang akhirnya tergerak membantu Gaza karena mereka tau, di Gaza tidak hanya kelaparan *seperti di Indonesia* yang melanda mereka. Mereka terpuruk dan terintimidasi di rumah mereka sendiri. Mereka disandera dan ditembaki membabi buta, mereka tidak mampu dilindungi oleh Pemerintahan mereka sendiri, dan bumi Palestina adalah Bumi yang diwaqafkan ALLAH untuk umat Muslim dan sudah sewajarnya tanah waqaf itu diperjuangkan oleh saudara Muslim yang mampu. Iya kan??

Jadi apakah salah jika banyak saudara kami yang MAMPU pergi dan menolong mereka di sana?

Apakah anda tau? Akibat dari gambar ini? Anda menggunakan KESUSAHAN di Gaza hanya untuk menyadarkan orang-orang kikir di negri kita ini! Sasaran anda tidak tepat!

Oke sekarang perhatikan gambar ini









Saya ingin bertanya, apakah keadaan genting seperti ini sedang terjadi di Indonesia? Sedang dialami di Indonesia? Jawablah dengan hati nurani anda, karena saya yakin, hati nurani anda tidak akan mungkin bersikap apatis terhadap hal ini.  

Jika negri yang anda cintai ini tengah mengalami situasi serupa, dimana anak-anak anda adalah bagian dari deretan mayat yang tercecer di jalan, dimana Pemerintah sendiri bahkan tidak mampu bergerak, dimana tanah pun tak dapat ditanami bahan makanan, dimana air putih saja menjadi sangat langka, lalu apa yang anda harapkan selain doa dan bantuan dari yang lain?

Saudaraku, anda harusnya tau. Allah pasti menurunkan kesenangan dan kesusahan bagi manusia. Dan diantara satu kesusahan yang kita alami, ada kesusahan lain yang lebih membutuhkan untuk ditangani dulu. Anda tau konsep Urgent kan? Di mana situasi yang lebih membutuhkan yang harus didahulukan.

Maka sekali lagi. Jika anda menggunakan KESUSAHAN di Gaza hanya untuk menyadarkan orang-orang kikir di negri kita ini! Sasaran anda tidak tepat!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>