CAKE IN JAR

Yuuhuuuuu.... bukan CAKE IN JAR dink yang mau saya bahas *weheeee ketipuuuu yaaakk... maap maapp *, lebih tepatnya adalah saya terinspirasi membuat tatanan kue yang mirip 'in the jar' nya itu loh..

Soalnya kan lagi booming banget yang namanya cake in the jar, tiramisu in the jar, de el el yang sesungguhnya membuat saya penasaran setengah mati pengen nyoba, dan siapa tahu juga bisa dijualin sekalian nanti *nantiiiiii............ banget kalo cicilan rumah udah selese dan berani resign dari kantor, hehehe, it's just about the time*

Saya kira tadinya krim-krim yang dibuat olesan diantara susunan cake itu adalah krim biasa, atau whipped cream biasa, ternyata memang ada krim khusus untuk pembuatannya, dimana dengan krim-krim tersebut membuat sajian cake itu lebih yummy setelah dimasukkan kulkas, yaaaa seperti yang kita tahu, kalo krim biasa (yang terbuat dari campuran mentega putih-kuning-gula halus) atau whipped cream biasa, kalo dimasukkan kulkas kan jadinya bisa agak keras ya, tapi krim yang ini enggak. Krim apakah itu???? jelas bukan krim muka malam ya? hehehe, dia adalah WHIPPED CREAM LIQUID / CAIR dipadu dengan CREAM CHEESE atau bisa juga dipadu dengan MASCARPONE CHEESE. Buat yang belum tahu nama-nama bahan di atas, mungkin bisa inget kalo udah liat gambar di bawah ini.


Ini whipped cream cair sebagai bahan dasar membuat krim mascarpone

Keju khusus mascarpone merk Galbani

Yang ini mascarpone cheese merk BelGioioso

Kalo gak nemu mascarpone cheese, bisa diganti pake cream cheese kaya gini




Atau cream cheese merk Kraft Philadelphia




Atau cream cheese merk Elle & Vire


Bisa juga cream cheese merk Anchor ini

Usut punya usut, tadinya campuran cream ini adalah sebagai olesan dalam sajian desert with spoon khas italy bernama tiramisu, dimana tiramisu ini dibuat dari kue kering bernama lady finger yang dicelupin ke cairan kopi, lalu disusun sedemikian rupa di atas loyang, lalu atasnya diolesi krim mascarpone, lalu disusun lagi di atasnya kue lady finger yang sudah dicelupin kopi, di spread lagi atasnya mascarpone krim, begitu seterusnya. Dan catatan khususnya adalah mascarpone ini kalo sampe masuk kulkas, jadinya nyeeesssss di tenggorokan.

Ini yang namanya LADY FINGER

Ini bentuknya LADY FINGER

Ini Lady Finger yang sudah dicelup kopi dan disusun di atas loyang

Saya gak akan menguraikan tentang cara pembuatan mascarpone cream, atau tiramisu dengan lady finger, atau mungkin membuat sponge cake sebagai ganti dari lady fingernya, soalnya udah banyak banget yang menulis di blog-blog lain tentang tata cara pembuatannya. Lha trus mau ngapain? Mau tidur lah.. #Eyaaakk. Enggak dink, saya mau membuat hidangan yang serupa tapi pembuatannya lebih simpel. 

Oke kita mulai aja ya percobaan saya kemaren.

Karena ini percobaan, maka untuk cake yang akan saya susun sebagai teman cream cheese bukan kue sponge bikinan sendiri, tapi saya beli roll mocca yang udah jadi, hehehe. Cukup 15 rebu udah gak repot baking-baking deh. #KamuNackalDeh



Gak lupa saya mengaduk kopi untuk olesan di atas roll mocca nya biar rasa 'kopi' nya makin berasa, sayangnya saya gak ada kopi hitam, adanya di rumah adalah white koffie merk lu*ak, ya sudah lah yang ada aja ya.

Siapkan juga coklat bubuk dan gula warna-warni atau buah cherry untuk topping nya.

Nah untuk bahan-bahan pengganti 'the real cream cheese' adalah :
1. Whipped cream bubuk

2. Spread cheese jar, atau yang merk prochiz juga sudah ada, tapi di kemasan kardus biasa ya, bukan di jar kaya gini.

3. Air es segelas penuh (ukuran gelas plastik)
4. Gula (jika suka manis)


Untuk alat-alatnya, siapin :
  1. Piping bag
  2. Sendok
  3. Ayakan / saringan kawat
  4. Mixer
  5. Kuas (untuk mengoleskan air kopi di atas kue roll mocca), atau semprotan kecil yang sudah bersih
  6. Gelas atau jar untuk penyajian


Cara membuat :
1. Masukkan whipped cream bubuk ke dalam baskom, masukkan air es lalu mixer perlahan dengan kecepatan sedang lalu ke kecepatan tinggi, kocok sampai mengembang dan liat.

2. Masukkan 4 sendok makan spread cheese ke dalam adonan whipped cream, lalu mixer kembali. Jika adonan susah untuk dikocok karena terlalu liat, maka bisa ditambahkan air es lagi secukupnya hingga tekstur menjadi lembut dan lebih creamy. Kocok terus hingga tercampur rata, tapi jangan terlalu lama. Adonan ini yang akan saya namakan cream cheese KW.

3. Pengocokan yang terlalu lama dapat menyebabkan adonan berair dan tidak creamy lagi.
4. Cream cheese masukkan ke dalam piping bag.
5. Kue roll mocca yang telah diiris-iris diolesi/disemprot dengan larutan kopi hingga merata pada tiap sisi nya.




6. Siapkan gelas saji, lalu spread di atasnya cream cheese, lalu susun di atasnya kue roll mocca, spread lagi dst. sampai bagian atas terakhir tertutup cream cheese
7. Beri topping di atasnya coklat bubuk, lalu tebarkan gula warna-warni, atau bisa juga diganti dengan cherry atau strawberry.
8. Masukkan ke kulkas dulu ya, makan di siang hari saat cuaca panas. hmmmm... dijamin yummy...





You wanna eat one a big bait???


NB : Saya sendiri prefer untuk memakai spread yang sudah saya pakai ini (merk : cheesy) daripada memakai mascarpone atau cream cheese yang sudah saya sebutkan di atas. Karena apa? Sebagai muslim, label halal pada suatu produk makanan sangat saya butuhkan, dan sayangnya pada cream-cream tersebut di atas saya tidak menemukannya. Kan harus menghindari syubhat kan ya..

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>