Lika liku memilih dot untuk Naell

Saya sempet ya mengalami yang namanya senewen akibat Naell gak mau mimik ASIP pake dot yang sudah saya beli. Gak tanggung-tanggung, demi biar bisa melihat Naell tetap meminum ASIPnya saya sampai koleksi 5 jenis botol berbeda, tapi eng ing eng.. tetep aja si anak emas mama satu ini selalu berontak saat disodorin benda kenyal-kenyal itu di mulutnya. Mana waku cuti saya udah tinggal 4 hari lagi ya Allaaahhh...

Awalnya saya khawatir apa jangan-jangan ASIP saya yang kadaluarsa ya? Semacam basi atau gimana gitu, soalnya saya ambil ASIP simpanan dalam freezer yang tertulis di botolnya bulan Januari, dan iseng pun saya akhirnya mencoba ASIP saya itu sendiri dan hasilnya saya langsung pusing tujuh keliling, bau amisnya cukup menyengat dan rasanya hadeehhhh gak bisa dibayangin deh, gitu pantes aja si Naell susah banget minum ASIPnya, pasti gara-gara ASIP saya ini! Pasti! Yakin deh! *maksa*

Ujung-ujungnya saya gugling juga gimana ciri-ciri ASIP yang tidak layak minum itu, lalu mencari juga kenapa ASIP saya baunya menyengat sekali amisnya, dan alhasil saya menemukan 2 artikel yang satunya bisa membantu karena menjelaskan bahwa ASIP saya ternyata tidak basi, tapi yang satunya lagi malah bikin tambah senewen.

dot pertama punya Naell, orthodontik dan sukses dibenci oleh Naell

Artikel pertama berisi informasi bahwa memang ASIP itu cenderung memiliki bau amis yang menyengat dan rasa yang gak bisa diterima di lidah orang dewasa yang sudah terbiasa makan yang enak-enak. ASIP juga tidak memiliki masa kadaluarsa karena mengandung anti bakteri yang terus hidup sampe kapanpun. Hanya saja pemberian ASIP yang terlalu lama akan menghilangkan fungsi antibodi dan kandungan-kandungan lain dalam ASIP, artinya boleh tetap diminum tapi si bayi gak akan merasakan manfaat apapun selain ASIP hanya jadi sumber pengobat lapar dan dahaga SAJA.

Sedangkan artikel yang kedua berasal dari AIMI Jateng tentang tidak direkomendasikannya penggunaan Dot atau botol untuk pemberian ASIP. Alasan singkatnya sih, pemberian ASIP dengan dot akan mempengaruhi kebiasaan bayi dalam menyedot. Dikatakan jika posisi perlekatan yang benar dalam minum ASI adalah dagu bayi menempel pada payudara ibu, mulut bayi memble keluar akibat sebagian besar areola masuk dalam mulut bayi yang terbuka lebar dan posisi menyedot pun membuat pipi bayi menggelembung, itulah sejumlah usaha yang dipelajari bayi dengan kebiasaan menyedot ASI langsung dari payudara ibu yang dapat mempengaruhi stimulasi keluarnya ASI.

Sedangkan menurut AIMI, hal itu tidak berlaku jika bayi minum dari botol atau dot, karena dengan posisi yang mecucu SAJA (akibat menyedot ringan tanpa 'usaha') bayi sudah dapat meminum ASIP nya, posisi pipi yang cekung akibat mulut mecucu pun menjadi kebiasan sebuah perlekatan yang buruk yang akan dialami bayi jika setelah minum dot kemudian minum langsung ke payudara ibunya.

Lalu akibatnya apa? dengan kebiasaan baru bayi seperti itu, bisa saja bayi tetap tidak bingung puting dan tetap menyusu pada ibunya, tapi dengan perlekatan yang tidak bener seperti itu akan mempengaruhi kuantitas produksi ASI ibu berikutnya, alias ASI bisa berkurang produksinya. Laahhh.. serem gak tuh????!!!

Intinya : dengan pemberian dot akan mempengaruhi kebiasaan menyedot pada bayi yang salah dan jika kebiasaan itu daplikasikan pada payudara ibu, maka akan mempengaruhi jumlah keluarnya ASI menjadi berkurang akibat perlekatan yang salah.

AMIT AMIT JABANG BAYIIIIII.... saya jadi langsung galau!! Gimana nih kalo gak boleh pake dot? Solusinya hanya ada 2, pake sendok, atau pake pipet. Boo' kalo pake pipet ibu saya udah pernah nyoba dan Naell langsung ngamuk karena gelagapan sama ASIP yang tiba-tiba ada di mulutnya, jangankan di telen, eh dia malah kesedak.

Kalo di sendokin, hadehhhh susah juga karena tingkahnya Naell udah mulai banyak, yang ada sendok yang dipegang Yangti malah ditendang dan ASIPnya tumpah kemana-kemana. Sedangkan pake dot yang sudah saya beli semua itupun tidak mendatangkan hasil. Naell tetep ogah minum pake DOT! itu intinya.

Bahkan saking senewennya, saya sampai membeli dot untuk anak yang sudah umur setahunan yang bentuknya juga kayaknya seperti payudara sih, bukan mau pake botolnya, tapi mau saya pake corongnya juga biar mulut si Naell mau terbuka dan bisa meminum ASIPnya. Awal-awalnya sih mau dan sempet habis banyak, tapi lama-lama ngamuk juga dia karena mulutnya kaya dijejeli barang yang gedenya bisa bikin mulutnya Naell terus-terusan melongo nanti.

ini botol emang bukan untuk bayi kok, saya cuma butuh nipple nya ajah..

dan ini dia nipple nya buat corong biar Naell
mau mimik asip dengan posisi mulut terbuk
a

Dan akhirnya saya pun bertapa untuk mencari solusi . Saya dapatkan sebuah ide brilian saat saya menyusui Naell. Saya perhatikan posisi si Naell minum, memang sebagian besar areola saya masuk ke dalam mulutnya terutama areola bagian bawah, dan menyebabkan mulut si Naell terbuka 'sedikit' lebar untuk mengenyot, tapi posisi dagu nya tidak menempel pada payudara saya, malah posisi hidungnya yang sedikit berdempetan dengan payudara saya. 

Yah saya tahu menurut AIMI itu adalah perlekatan yang kurang tepat, tapi dari situ saya bisa menyimpulkan. Lah wong perlekatan si bayi yang selama ini dikatakan belum benar saja ASI saya keluarnya tetap berlimpah (alhamdulillah), bisa saja itu artinya tidak akan berpengaruh besar jika Naell belajar dot yang katanya memiliki pola yang buruk pada kebiasaan perlekatan nantinya, toh posisi Naell menyusu dari dulu ya seperti ini, dan keluarnya ASI saya tidak berkurang sama sekali, bahkan Naell cenderung tidak menyedot dengan 'sungguh-sungguh' karena ASI saya sering keluar tanpa diundang dan membuatnya gelagapan. So, gak seharusnya saya worry jika Naell tetap belajar mimik dot. Dan sekarang problemnya adalah : DOT JENIS YANG KAYA GIMANA YANG BISA DITERIMA NAELL???

Banyak dot yang diklaim mirip payudara ibu, mulai dari harga 30 ribu an sampe harga 300 ribuan. Dan gilanya demi melihat Naell bisa mimik dot, saya hampir saja akan membeli botol mimijumi seharga 250 ribu yang memang dari bentuk dan warna hampir mirip payudara ibu. But, enggaklah! Rasanya kok kurang bijak mengeluarkan uang segitu banyak (karena saya berencana membeli 3-4 dot untuk gantian biar Yangti gak repot cuci-steril-pakai saat akan meminumkan ASIP) Lha kalo saya beneran beli dot seharga begitu, dikali 4 aja udah satu juta .

botol mimijumi yang katanya mirip payudara ibu

Saya sedikti putus asa, karena apa? sejak dilatih mimik asip pake botol, dari jam setengah 8 pagi sampe jam 3 sore dia cuma ngabisin 90-100 ml ASIP saja! bayangin! Apa gak stress saya karena khawatir anak saya jadi kurus? Meskipun dijelaskan di AIMI juga bahwa bayi itu pintar dan dapat menggantikan kurangnya ASIP di siang hari pada saat dia menyusu langsung di ibunya di sore sampai balik pagi lagi, tapi saya tetep aja was-was. 

Di tengah keputusasaan saya, saya sempet gugling lagi untuk nyari botol yang gimana sih yang kira-kira bentuknya gak moncong lurus gitu aja, dan yang paling penting bisa membuka mulut Naell lebar-lebar saat menggunakannya demi mendapatkan perlekatan hampir mirip dengan perlekatan di payudara mamanya.

Daaaannn... akhirnya dari beberapa artikel, seolah kompak menyebutkan bahwa banyak bayi yang tadinya adalah pecinta payudara ibu yang cocok memakai botol ini. Apakah itu??? Pigeon Peristaltik plus. Saya perhatikan bentuk nipple nya yang memang berbeda dari semua dot yang saya beli, bahkan saya rasa hampir mirip bentuk payudara ibu. Saya bela-belain deh ke daerah ketintang untuk membeli dot itu buat Naell berharap kali ini akan berhasil.

Botol sudah di tangan, saatnya mencoba ke Naell, dan ajaib! Naell yang selalu berontak jika ada benda lunak nipple masuk ke mulutnya, kali ini cuma diam. Artinya dia tidak menolak adanya benda asing di mulutnya seperti yang sudah-sudah. Yup! Bagi saya ini awal yang baik. Penerimaan dulu yang penting, alias tidak ada penolakan.

ini dia botol yang ternyata cucok untuk Naell

Lambat laun si Naell mungkin berpikir bahwa benda di mulutnya memang mirip seperti payudara mama nya hanya saja lebih keras, dan perlahan saya masukkan lebih dalam ke mulutnya sampai dalam posisi mulut terbuka, dan dia mengenyotnya!! Ya Allaahhhh seneng bangeetttt!!! Dan terbukti ini semua karena Naell belum ketemu Nipple yang cocok saja, bukan karena ASIP saya yang saya khawatirkan sudah basi itu! Naell mau akhirnya ngenyot dot!!  Saya perhatikan cara dia mengenyot, semua mulutnya terbuka, dan pipinya menggelembung, hampir seperti ciri perlekatan yang baik yang dikatakan AIMI. Apalagi setelah saya balikkan, tidak ada setetespun ASIP keluar dari nipple dotnya, itu artinya bayi akan tetap 'berusaha' untuk mengenyot ASIPnya sama seperti usahanya mengenyot langsung di payudara ibu.

Saya coba dot di hari berikutnya, dan Naell tetap mau!!!! Jingkrak-jingkrak wes saya, akhirnya berakhirlah penemuan saya terhadap dot ini. Hiks... saya terharu

Dan benar saja, akibat percobaan mimik dot yang gagal beberapa minggu belakangan, saat imunisasi BCG kemaren ditimbang Naell hanya naik 2 ons dari timbang imunisasi sebelumnya dua minggu yang lalu, dari 5,1 kilo cuma naek jadi 5,3 kilo beratnya. Duh nak, mama jadi merasa bersalah karena baru nemu dot yang kamu inginkan beberapa hari yang lalu.

Setelah saya perhatikan, bentuk dot yang saya beli sebelumnya memiliki kesamaan, dan kesamaan itu membuat Naell ogah mimik dari situ, apa itu kesamaannya? yaitu ujung dot yang lurus ke bawah dan saya rasa terlalu panjang dan ramping dan tidak bisa membuat Naell menutup mulut dan melekatkannya di nipple dot, dan ini berlaku juga untuk botol mahal seperti mimijumi di atas *Thank's Allaahhh saya gak jadi beli tuh botol*  . Sedangkan dot nya si Pigeon Peristaltik Plus ini seperti bentuk gunung, yang ujung rampingnya tidak terlalu panjang dan menyambung langsung melebar ke bawah sehingga membuat mulut bayi mau gak mau cukup terbuka lebar saat nipple nya masuk ke mulut.

Lihat saja bentuk nipple dot nya yang memang
tidak sama dengan dot-dot yang saya sudah beli


Koleksi dot Naell yang hanya kepake satu aja, yaitu nomer 6
1. Botol dot orthodontik pertama punya Naell
2. Botol bawaan Breastpump Pigeon yang juga ditolak cintanya oleh Naell
3. Botol ini gak saya pakai, karena sama persis seperti botol no. 4 yang ditolak juga sama Naell, hanya saja nipple nya si chicco lebih keras dari no. 4
4. Saya udah terlanjur beli 2 botol, eehhh gak tahunya gak kepake juga, tapi untungnya nipple bawaan pigeon no. 6 ini cocok untuk botol wideneck si HUKI, jadi saya tinggal beli nipple nya aja dan 2 botol ini akan tetap kepake.
5. Ini botol yang cuma saya pake corongnya doank, dan gak berhasil pula
6. Alhamdulillah ini yang namanya ketemu jodoh, hehehe


Dan saya juga tetap berdoa semoga ASI saya tetap lancar sampai kamu umur 2 tahun nak, tidak terpengaruh apapun meskipun kamu pakai dot. Amiiinnnnn...... Sambil jalan, saya akan tetap melatih Naell pake media lain agar tidak ketergantungan dengan dot, nanti saat dia sudah belajar mengkonsumsi MPASI.

mulutnya cukup terbuka lebar pada nipple ini

bagian bawah dot yang hampir menyentuh dagunya dan membuat mulutnya memble keluar

Naell said : boleh lah ini!

Ohya, semua ini adalah pengalaman pribadi saya yang mampu memproduksi ASI dengan lancar meskipun menurut saya perlekatan Naell kepada saya dari dulu tidak sempurna, dan belum tentu juga pengalaman saya ini akan cocok jika terjadi dengan mama-mama yang lain. Jadi saran saya adalah pemberian dot adalah pilihan terakhir untuk sang buah hati ya bunda...

26 komentar:

  1. wah...mba udh hilang waswasnya ya...
    aq msh jg bingung berkelana dr huki,chico,pigeon (biasa),nuby,tommetippi,dr.brown dan mncoba jg pigeon wideneck peristaltic-nya ttp aja anakku g mau.klo Nael ogah buka mulut klo anakku mau mangap tp stlh nipple dot msk dia ttp mangap n ngusir nipple dotnya pale lidah.klo ttp diem dsitu mlh dia kunyah bknna di nyot nyot :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wekeke, emang gitu mba awal-awalnya, tapi gak pernah saya paksa si Naell, biar dia bersahabat sendiri sama si dot. Ohya, kalo boleh saran, misal mbak pake rewang/pembantu diusahakan jangan pake dot mbak, soalnya emang sedikit banyak bisa pengaruh ke produksi asi.

      Sebagai contoh nih, asi yang keluar dari dot kan tanpa disedot kuat langsung keluar kan, sedangkan asi dalam payudara ibu mesti disedot dulu dengan kuat (paling gak selama 1 menitan) baru bisa keluar dengan lancar, dan hal itu ditandai rasa kaya ditarik dari otot-otot payudara kita saat asi mengalir dengan lancar.

      Lha yang dibutuhkan si dedek untuk mempertahankan kuantitas asi dari payudara adalah "hisapan kuat" nya, kalau si dedek keenakan pake dot karena ngisapnya gak terlalu kuat, ntar kebawa pas ngisap asi ikut2an gak kuat juga..

      Karena ntar nyedot asi dari payudara gak sekuat sebelum mengenal dot, alhasil produksi asi pasti menurun (sedikit atau banyak).

      Itulah sebabnya Naell udah pensiun pake dot sejak bisa pake sedotan, hehehe... Kalau yang kemaren mah sempet bandel nerusin pake dot dan alhasil nambah sufor juga kalo produksi asi lagi seret..

      Hapus
    2. umur berapa naell mahir pake sedotan mbak? anak saya umur 2 bulan sekarang. minum asip pake pipet. yg jadi dilema saya mbak yg jagai ini kasih minumkan pake pipetx lama banget. 60 ml smpe sejaman. klo anak sy yg pertama n kedua dlu yg jagai ibu2 tetangga bs lebh cepat habis pke sendok n pipet. apa karena mbak yg skrg jagai msh cewek jd blm ada pengalamann. takutnya BB baby saya ndk nambah2 pdhl baru 2 bulan :(. baby wafa sdh banyk gerak, sekarang sudah tengkurap umur 2bln. pengalamn pke dot pigeon itu gmn mbak?naell lulus asi ekslusifnya kan? jadi Galau nih

      Hapus
    3. Alhamdulillah lulus ASI S1 mbak karena perahan saat cuti masih mencukupi, tapi giliran masuk kerja dan disambi nge-dot, S2 nya disambi juga sama sufor meskipun sebulan gak habis sekotak (Maapin mamaaaa huwaaa)

      Naell dulu bisa pakai sedotan pas umur 8 bulanan mbak. Ohya untuk mbak yang jagain si dedek, kayaknya emang mesti di training deh mbak. Kita kasih pengertian dan diajari gimana pake'in pipet/sendok pas ngasih ASIP. Jangan sungkan2 mbak, lha wong kan kita bayar jasa. Hehehe..

      Hapus
  2. Beli pigeon peristaltik plusnya dmn bun? Daerah ketintang mn?nm tokonya apa bund..mksih bund infox

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, sebenernya not recomended ya Bun kalo ngedot mah (baik itu untuk pemberian sufor apalagi ASI). Naell aja pensiun dini loh karena takut bahaya latennya. Kecuali untuk keperluan Eping Mom sih baru boleh laahh pake dot.

      Kalau alamatnya aku lupa bun, yang jelas ada websitenya kok www.akrababy.com

      Hapus
  3. Beli pigeon peristaltik plusnya dmn bun? Daerah ketintang mn?nm tokonya apa bund..mksih bund infox

    BalasHapus
  4. Hay bunda Nida, jika berkenan bisa sertakan link aku http://bungaasi.com/botol-susu-pigeon-peristaltic-plus/
    Kebetulan aku jual bund Botol Pigeon Peristaltic Plus

    Oia, ijin untuk pasang link artikel mba yg ini ya, untuk rujukan yg cocok dengan botol susu pigeon.

    Trims Bunda, dan maaf kalo merepotkan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mbak, tapi kembali lagi ya kalau pemberian dot sebenernya tidak disarankan, kecuali bagi Eping Mom. Nuhun.

      Hapus
  5. Menurut mbak, pemberian dot baiknya sampai baby umur berapa ya?
    Karena dot lebih praktis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut AIMI dot itu tidak direkomendasikan sama sekali untuk bayi kecuali eping mom, atau memang sang bunda tidak menyusui. Hehe juga.

      Hapus
  6. Menurut mbak, pemberian dot baiknya sampai baby umur berapa ya?
    Karena dot lebih praktis hehe

    BalasHapus
  7. Ya Allah ini ceritanya mba windira aku banget, sampe sekarang aku masih bingung gimna caranya ngasih asip pake botol, udah beliin beberapa botol dari yg murah sampe yg mehong, dari gonta ganti nipple cari yg cocok sama mulut baby, sampe stres juga aku mba, ditambah sebentar lagi aku udah mulai masuk kerja, mau ga mau diajrin mimi asip pake botol, tapi apalah daya si baby ga mau pake sendok di senggol2 trus, boleh nih aku coba pake pigeon peristaltic plus, kali aja cocok ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoho, iyakah? Ini anak keduaku (3 bulan)juga menolak dot dengan sukses meskipun pake pigeon, akhirnya pake pipet karena kalo pake sendok kececeran dimana-mana.. T_T

      Hapus
  8. pertama anakku mau pake botol pigeon itu, tp lama2 gk mau, sedih aku, disendokin jg ngamuk, jd cm bs nyusu bnyk pas plg kerja aja T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Sama nih kaya anakku yg kedua. Gak mau kenal sama asip baik didot atau disendokin atau dipipetin.. Selalu nangis kejer. Dan itu terjadi selama full sebulan. Walhasil demi menjaga asi eksklusif nya si doi (jg ada beberapa alasan lain) akhirnya saya milih resign.. Hehehe

      Hapus
  9. Beli hrga brapa tu mak??anaku jg mau tk pakein dot aj nih

    BalasHapus
  10. Huaaa sama nasibnya.. Aku dah beli yg 250 itu mba ttp ajaaa ga mau diaaa... Doain aku ya mba pake pigeon itu dia mauu ... Amiin .. Mksh infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh.. Sayang banget ya mba udah beli mahal2.. Sambil doa mbak supaya si adek pinter miknya, kena sugesti dr ibu adl motivasi terbesar bayi supaya pinter mik asip nya

      Hapus
  11. Anak aku lupa ngedot, tadinya bisa garagara aku males ngrdotin jadi brontak pas di dot lagi, sampe stres bgt mau nyoba model apalagi ,mau nyoba pigeon deh sapa tau anaknya mau... :)
    Dikira anak aku gmau mnum asi smpe pke sufor segala, tapi aku perhatiin bukan msalah susunya tapi niple nya...
    Aku latih ngedot lagi, malah nangis sekenceng2nya, kata orang suruh biarin dulu smpe laper biar mau ttep aja ggal, ya Allah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh pinter berarti bayinya mbak.. Udah umur berapa sekarang? Kalo udah mpasi, dilatih pake sedotan aja mbak

      Hapus
  12. Kalo pake sedotan itu yg sedotannya gimana ya mba? Ni anak saya jg susah ngedotnya jadi pake sendok..bisa di fotoin gk mba sedotannya yg modek gmna yg dipake. Ni anak saya jg sdh masuk 9bkn jadi mau saya latih pake sedotan atau gelas yg ada lubangnya 3 itu mba..ni sampe beratnya anak sya cuma 7kg 1ons..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berat 7 kilo umur 9 bulan ah udah hebat mbak. Anak kedua saya umur setahun lebih beratnya 8 kilo loh. Baidewei.. indikasi sehatnya anak bukan dari berat badan ya mbak, kalau berat 7 kilo tapi aktif dan pintar maka berarti dia sehat.

      Sedotan yang dipake sedotan biasa aja mbak, yang biasa buat minum es teh di resto2, atau di kaki lima.. kalo mau pake gelas cup yang ada moncong lubang 3 nya itu juga gak apa-apa, tapi daripada tumpah sih mending sedotan kalau saya.

      Hapus
  13. Asip tdk dsarankan pke dot kecuali eping dikarenakan ngaruh produksi asi. Pertanyaanx klo rajin2 sering pumping apa nurunin produksi asi jg mom?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>