Es Lilin Yoghurt


Kalo di Bandung sono lagi booming-boomingnya froozen yoghurt (FROYO), maka saya ikutan latah doonng, kelatahan ini didasari oleh rasa penasaran untuk membuat salah satu cemilan favorit saya ini. Yaa siapa tahu kalo berhasil bikin yoghurt nantinya akan layak jual. Hehehe.

Seperti yang saya bilang di atas, yoghurt itu salah satu cemilan favorit saya, dan untuk menikmati se-cup yoghurt yang dijual di pasaran, harganya sekitar 8000 rupiah. Kalo cuma makan 1 cup kan kurang tuh, kalo makan beberapa cup, bisa habis berapa duit kan ya? Lhaaa karna saya gak puas cuma makan 1 cup doang dan males ngeluarin duit untuk beli yoghurt lebih banyak, makanya saya kepikiran juga pengen bikin yoghurt yang banyak dan bisa dinikmati sepuasnya. Ikutin yuukkk langkah-langkah saya yang nyoba bikin yoghurt sendiri dan ternyata berhasil.

Bahan dan alat membuat Yoghurt:

ini cuma ini aja bahan-bahannya. Simpel kan?
  • 1 bks Yoghurt rasa Plain alias tanpa rasa sebagai Starter *ini sebagai bekal bakteri yang akan dibiakkan menjadi yoghurt selanjutnya*  (Harga ± Rp 8.000,-)

  •  1 lt Susu Pasterisasi siap minum rasa Plain juga (Harga ± Rp 22.000,-). 

  • Baskom kaca/plastik yang ada tutup kedap udara yang sudah disterilisasi.
  • Handuk kering tebal
  • Sendok/centong

Cara membuat :
  1. Rebus baskom kaca/plastik dengan tutupnya supaya steril.
  2. Bila starter yoghurt berada di kulkas, keluarkan dulu hingga berada dalam suhu normal minimal 1 jam, bukan suhu dingin. Ingat ya! starter akan bagus dipakai jika dalam keadaan suhu normal cenderung hangat, bukan dingin.
  3. Rebus dalam api kecil susu plain, sambil diaduk-aduk dan pastikan susu tidak dalam keadaan mendidih nantinya. Jika sudah muncul gelembung-gelembung kecil segera angkat susunya dan diamkan sampai suhu susu menjadi hangat kuku. Ukuran hangatnya si susu ini sekitar suhu nya 35-37 derajat celsius, atau kalo gak ada termometer untuk mengukur, cukup celupin jari telunjuk/kelingking kamu dan rasakan jika suhu terasa nyaman di jari maka itu bisa dikatakan hangat.
  4. Jika suhu susu sudah hangat dan yoghurt starter pun sudah dalam suhu normal/tidak dingin, maka masukkan yoghurt dulu ke dalam baskom. Bagi susu menjadi 3 takaran, lalu masukkan takaran yang pertama ke dalam baskom berisi starter yoghurt, aduk perlahan. Perlahan ya.. ingat! P-E-R-L-A-H-A-N.
  5. Jika sudah sedikit rata, masukkan lagi takaran susu yang kedua, aduk perlahan lagi, dan lanjutkan sampai semua susu masuk dalam baskom dan diaduk lagi perlahan.
  6. Setelah semua bahan masuk, tutup baskom berisi 'bakal' si yoghurt ini lalu bungkus dengan handuk kering yang tebal.
  7. Simpan baskom di lemari atau di tumpukan kain jemuran yang belum dilipat, atau dimanapun tempat terhangat di rumah kamu. Karena si yoghurt ini akan berfermentasi dengan baik di ruangan bersuhu hangat mulai dari 32- 35 derajat celsius.
  8. Simpan yoghurt selama 24 jam untuk mendapatkan rasa yang tidak terlalu asam.


Yoghurt yang sudah jadi akan menjadi kental, dan inilah yoghurt berlimpah dengan harga murah yang bisa dikreasikan menjadi aneka minuman atau mungkin frozen yoghurt. Kalau ditanya berapa ukuran jadinya si yoghurt ini, yang jelas saya ngeliatnya di jumlah susu yang saya pakai sih. Kalo susunya 1 liter, otomatis yoghurt juga gak jauh beda banyaknya dari ukuran itu. Masih mending loh, habis modal dasar sekitar 30 rebu doang. Padahal yoghurt plain aja yang 500 ml waktu di cek harganya 35 ribu lebih. Hemat setengahnya kan?

Karena bahan-bahan saya untuk membuat frozen yoghurt seperti whipped cream cair dan bubuk saat itu belum sempat terbeli, dan juga kondisi freezer yang penuh dengan ASIP dan tidak memungkinkan dijejalkan baskom berisi frozen yoghurt 'sungguhan', maka saya hanya membuat es lilin yoghurt saja sebagai percobaan. Dan ini dia bahan-bahannya :
  • Sebaskom Yoghurt yang telah jadi
  • 200 ml Sirup coco pandan atau 4-5 bungkus minuman rasa seperti POP ICE
  • 300 ml air putih
  • Berikan potongan buah atau jelly sebagai tekstur
  • 1,5 sdm tepung maizena (untuk melembutkan)
  • Plastik bungkus es lilin (ukuran 5 x 15 cm) dan karet
  • Centong dan corong

Cara membuatnya adalah :
  1. Campurkan sirup/pop ice, air, dan maizena hingga merata dan tidak ada yang menggumpal di dasar pada panci lalu panaskan sebentar hingga keluar gelembung kecil. Matikan kompor, dan biarkan dingin.
  2. Masukkan perlahan campuran sirup/pop ice yang sudah dingin ke dalam yoghurt lalu aduk P-E-R-L-A-H-A-N.
  3. Setelah rata, masukkan potongan buah/jelly dan aduk lagi hingga merata.
  4. Masukkan adonan yoghurt rasa ke dalam plastik es lilin menggunakan centong dan corong agar tidak tumpah, rapatkan dengan karet lalu simpan di dalam freezer.
  5. Jika sudah mengeras, nikmati yoghurt di siang hari saat cuaca panas.. hmmm... nyum nyum deh pokoknya.

16 komentar:

  1. Wah...patut dicoba nih resepnya. Thanks for sharing yah mba :)

    BalasHapus
  2. hehehe, sama-sama mbak di.. hasil coba-coba juga kok ini...

    BalasHapus
  3. jadi pengencoba bikin mba...tapi buat dijual hehe

    BalasHapus
  4. mas ikhsan : hehehe sok atuh dicoba, semoga berhasil..

    BalasHapus
  5. terima kasih banyak udah memposting sajian yang sangat bermanfaat ..:)

    BalasHapus
  6. Kira " btuh biaya brp ya buu untuk bahan"nya??

    BalasHapus
  7. @ bpk. Agung W : terimakasih kembali pak.

    @ mas Septian A. : Huwaduuhhh.. berapa yah mas? #ngubek-ngubek dompet nyari struk belanjaan.

    BalasHapus
  8. Dengan 1 liter susu berapa banyak yoghurt plain yang dugunakan?

    BalasHapus
  9. Saya pengen banget bisa bikin yoghurt, tapi tiap kali mencoba selalu gagal. Boleh tau berapa banyak yoghurt yg diperlukan untuk dicampur dengan 1 liter susu? Kabari ya..

    BalasHapus
  10. Saya pengen banget bisa bikin yoghurt, tapi tiap kali mencoba selalu gagal. Boleh tau berapa banyak yoghurt yg diperlukan untuk dicampur dengan 1 liter susu? Kabari ya..

    BalasHapus
  11. @mbak/mas anonim & mbak retha : saya pake starter (biang) dr yoghurt plain 100ml. Tapi sebenernya utk starter, produk dari biokul juga ada yang khusus mengeluarkan biang yoghurt , biasanya ada di foodmart, giant, superindo, atau ranchmarket, utk ukuran Biang asli ini biasanya ukurannya lebih besar (mungkin sekitar 300 atw 500ml dan ada tulisan "yoghurt starter" klo gk salah). Saya sengaja beli yg BUKAN khusus biang supaya gk banyak terbuang, karna cuma kepake 100ml aja, hehehe..

    BalasHapus
  12. @ALL, kalau ada yang memerlukan bakteri/culture/starter untuk membuat yogurt atau keju kita ada biangnya. Thanks

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>