udang fusion saos telur asin

Kenapa saya namain udang fusion??? Karena emang udangnya mau dibikin confusion alias bingung dengan paduan resep aslinya yg bernuansa chinnesse food tapi saya kombi dengan resep jowo a la saya. Yuk capcuss mulai aja.

bahan :
1/2 kg udang windu atau udang biasa dengan ukuran yg sedikit lebih besar
3 butir kuning telur asin matang
3 sendok makan margarine
2 sendok makan mayonaise (bila suka)

bumbu 'jowo' :
2 siung bawang putih
1/2 ruas jari kunir
1/2 sdt ketumbar
1 sdt garam

cara memasak :
  1. Bersihkan udang windu, buang kepala dan kulitnya sisakan ekornya untuk mempercantik penampilan udangnya. belah/kerat bagian punggung mulai dari bawah kepala sampai hampir ke ekor, lalu keluarkan kotoran berupa benang hitam di bagian punggung udang. Cuci udang hingga bersih
  2. Haluskan  bumbu 'jowo' dengan ulekan, saya sih pake ulekan aja ya, kalo saya pribadi menghaluskan bumbu jowo dengan blender agak kurang suka. Setelah halus beri sedikit air pada bumbu jowonya untuk merendam udang, biarkan udang dalam rendaman bumbu jowo kurang lebih 5 menit
  3. Panaskan margarine di atas wajan hingga cair, lalu masukkan kuning telur asin dan aduk hingga hancur, tambahkan mayonaise jika suka untuk menguatkan rasa gurihnya.
  4. Setelah bumbu telur asin sedikit berbusa, masukkan udang dengan bumbu jowo nya. aduk dan masak hingga udang matang. Jangan lupa diincip ya untuk tau masakannya sudah asin atau belum.
  5. Sajikan dan hidangkan dengan nasi panas. Hmmm... yuummy...

Untuk gambar yang saya pasang di sini memang tidak menggunakan udang windu, gara-gara nya pak suami salah beli udang di pasar hihihihi, walhasil jangankan mengerat bagian punggung udang, mengupas kulitnya saja saya males banget karena itu udang setengah kilo jadinya buanyaakkk banget.

Ada banyak cara menyajikan saos telur asin dan umumnya dalam chinesse food memang dipadukan dengan seafood kaya cumi, udang, atau kepiting. Jika kurang suka dengan jenis udang 'basah' ini, maka udang atau seafood lain yang kita punya bisa digoreng kering dulu dengan tepung bumbu, baru nanti dimasukkan dalam bumbu telur asin. Selamat mencoba yaaaaa...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>