SEGO BORAN

Holaaaaaa.....

Sudah ada yang tahu sego/nasi boran kan?? apa Nasi borax?? HUSH!! BORAAAANNNNN.... Itu tuh, nasi campur khas dari negeri Lamongan yang hanya dijual di Lamongan saja. Beda dengan Soto Lamongan atau Tahu Campur yang banyak kita jumpai di luar kota Lamongan, khusus nasi Boran ini hanya ada di Lamongan saja, tidak di daerah lain. Kenapa bisa begitu? Karena menurut sejarah, para pembuat nasi boran itu tidak sembarangan, hanya orang tertentu saja yang bisa membuat sajian Nasi Boran ini enak dan khas.

Alasan sebutan Nasi Boran adalah karena Nasinya ditaruh di bakul yang di Lamongan disebut Boran. Wadah yang terbuat dari anyaman bambu dengan bagian atas berbentuk lingkaran, dan bagian dasar berbentuk segi empat. Agar Boran tidak langsung menyentuh tanah, maka tiap sisi segi empat di dasar boran diberi penyangga dari potongan bambu juga. Pembuat Boran ini konon hanya berasal dari desa Kawotan di Lamongan, para penjaja nasi Boran pun biasanya masih bersaudara, mungkin karena mereka berasal dari daerah yang sama ya.

Dengan baiknya, temen kantor saya bernama mas Syamsi itu membawakan saya nasi Boran yang lagi saya idam-idamkan sejak beberapa bulan yang lalu, karena dia baru saja mudik njenguk anaknya yang memang dititipkan di rumah mertuanya di Lamongan, maka saya tidak mungkin menyia-nyiakan kesempatan untuk nitip dibelikan Nasi Boran.


Saat tersaji di atas meja, air liur saya sudah hampir menetes-netes. Nasi Punel dengan Empog (tepung terigu yang digoreng dan dibumbui), urap sayur, serta campuran udang, ceker ayam, dan tahu goreng yang dibumbui dengan bumbu khas Nasi Boran, yaitu bumbu cabai merah santan yang menggugah selera. Hmmm....

Dan benar saja, meskipun sampai huh hah huh hah gara-gara kepedesan, tapi sebungkus nasi boran itu pun ludes. Padahal kalian semua pastinya cuma geleng-geleng kepala melihat sajian Nasi Boran yang terkesan biasa ini kan? Tapi tidak buat saya. Nasi Boran waktu itu beneran enaaakkk banget di lidah saya, apa mungkin karena saya lagi ngidam kali ya? Dan terimakasih untuk mas Syamsi yang telah menjadi "Suami Dinas" saya selama saya hamil ini, serta nasi Boran nya yang begitu nikmat di saat yang tepat. Hahahaha.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>