Cacing Hitam Kepala Lancip

Heran kenapa saya tiba-tiba sok jadi ahli Biologi pake acara nulis-nulis judul "Cacing Hitam Kepala Lancip" segala??? Gak usah heran, saya cuma lagi pengen sharing hewan berdefinisi seperti di atas yang sering saya temui mangkal di kamar mandi tempat saya tinggal. 

Bentuknya kecil, gak sebesar cacing, warnanya hitam atau gelap, kepalanya lancip dan menurut saya hewan ini cukup menghawatirkan, karena apa? karena dengan kepalanya yang lancip itu saya jadi parno sendiri dan menebak-nebak jangan-jangan nih cacing termasuk parasit yang bisa masuk ke tubuh manusia? Hiiiiiii... sereeemmm... 

Sudah sejak lama saya gugling dengan berbagai macam keyword untuk mencari cacing apakah ini? atau malah jangan-jangan jenis lintah yang bisa menghisap darah? mulai dari keyword 'cacing lintah', 'cacing pacet', 'cacing hitam', 'lintah kaya cacing', 'cacing pita', 'cacing kremi', ----->>> dua terakhir akibat saya frustasi tidak menemukan gambar cacing yang saya inginkan, makanya makin ngawur keyword nya . Tapi tetap saja saya gak nemu juga. 

Sampai akhirnya tadi pagi waktu saya mau siap-siap sholat subuh, seperti biasa ritual awalnya adalah pipis dulu di kamar mandi, gak taunya saya ketemu sama cacing gak jelas itu lagi. Saya penasaran banget pengen cari tahu nih cacing kolega nya siapa sih? Dan setelah saya berhasil memotretnya, pas ke kantor saya tunjukkan ke temen-temen kantor berharap ada pencerahan dan ada yang mengenal jenis hewan satu ini. Tapi sayangnya tetap nihil.

Mau liat bentuknya?? Mau?? Mau?? Okey, perhatikan baik-baik ya...

ukuran keramik kamar mandi ini adalah 20 x 20,
 jadi ini cacing kecil banget loh ya





Gimana?? Pernah liat di kamar mandi? Atau dimanapun dia berada? Dari awal kemunculannya saya bener-bener gak yakin dia adalah cacing tanah biasa, karena dari bentuknya aja jelas beda. Setelah saya memotretnya, lalu saya berinisiatif mengambil salah satu lidi untuk memindahkan  'dia' dari dinding bak air mandi saya. Entahlah dipindahin kemana, pokoknya gak mangkal di dinding aja, kalau tetap di sana saya khawatir dia merambat ke gayung, trus pas kita pake gayungnya buat kumur tuh cacing ada di sana dan ikut ketelen. Haadeehh imajinasi yang menggelikan, tapi asli itu malah bikin saya lebih parno.

Dan yang mengejutkan adalah, saat saya menyenggol tubuhnya dengan lidi, dia menempel di dinding dengan sangat erat, dan tubuhnya tiba-tiba mengerut. Tuh kan? Aneh kan? Masa ada cacing nempel di dinding sampe mengerut gitu banget, Sayangnya pas dia mengerut gak saya foto, soalnya saya udah heboh duluan gara-gara geli.

Lalu bagaimana proses pemindahan dengan sapu lidi tadi? Berhasilkah?? Dan sayangnya saya gak berhasil eehh dia malah nyemplung ke bak mandi, terpaksa deh saya bangunkan suami saya untuk mengusir tuh cacing. Daripada beneran ketelen karena gak sengaja keciduk gayung, bisa berabe boo'...

Dan baru hari ini juga saya berhasil nyari di gugel dengan keyword : 'cacing kepala lancip'. Akhirnyaaaaaaa... dan itupun gambarnya ada ditengah-tengah cenderung ke paling bawah.

Setelah saya buka gambar di website asalnya, saya menemukan beberapa nama yaitu : Caenoplana coerulea, Cacing Pipih, Blue Land Planarian, Blue Garden Flatworm. Barulah dari nama-nama itu saya menemukan bentuk-bentuk cacing yang memang tampak serupa dengan cacing yang saya temui di kamar mandi saya.




Caenoplana coerulea



Blue Garden Flatworm

Kabar baiknya adalah, katanya jenis cacing di atas bukan cacing parasit yang bisa hidup dalam tubuh manusia, bukan pula penghisap darah seperti yang saya takutkan. Syukurlaaahhh... Tapi masalahnya, cacing yang di kamar mandi saya itu masuk ke kategori flatworm ini atau enggak ya?? Yaaa kalau melihat dari habitatnya yang ada di kebun sih, kemungkinan jenis cacing yang ada di kamar mandi saya adalah jenis flatworm, apalagi kamar mandi saya memang berada di halaman belakang yang memang masih berbentuk kebun-kebun gitu.

Gak tau ah, mudah-mudahan temen-temen yang tahu makhluk apa ini segera kasih kabar ya, berbagi info gitu biar saya gak jadi takut sendiri.





UPDATE :
Saya dapat info dari salah satu komentator yang pake User "Anonim" 20 MEI 2017 18.17. Dia kasih informasi bahwa cacing itu jenis platydemus manokwari. Makhluk apa itu? Entahlah, saya balikin lagi sama yang lebih ahli, barangkali bisa mengobati kegalauan se-Asia Pasifik yang terwakili di kolom komen blog ini. Kalau pengen ngecek bener apa gak sama kaya yang kalian liat di kamar mandi, saya ada link youtube nya. Klik aja ini.

Yang jelas, ini cacing lagi booming di Amerika dan Prancis, karena semestinya ini cacing hidup di pulau tropis di Asia, dan kudunya terisolasi di suatu tempat tertentu, namanya kan ada Manokwarinya, jadi asalnya dari Papua Nugini, tapi entahlah kok bisa hijrah ke Amerika sama Prancis segala tuh cacing, Hebat ya.. #Heloohh

Dan menurut salah satu pemberitaan di US, dimana mereka mewawancarai salah satu ahli biologi dari University of America, bahwa keberadaan cacing ini adalah masalah serius (hah, CIYUSSS??!). Karena cacingnya mungkin terlihat biasa (bagiku sih gak biasa), tapi ternyata bisa menginfeksi tikus dan menularkan penyakit pada manusia (OH MY..). Bisa lihat beritanya di sini.

Cacing inipun bisa merusak ekosistem karena memakan siput, padahal siput sebagai hewan yang bisa memakan bakteri atau parasit pada tumbuhan. Ya Allah.. kok beritanya tambah nyeremin nih gimana??

Dari komentar mas BASKARA 17 JULI 2017 08.38 juga menjelaskan, bahwa ciri khas cacing parasit itu gak bakal tumbuh segede cacing biasa di luar tubuh mamalia/inangnya, kecuali masih dalam bentuk telur atau larva kecil. Lha tapi masalahnya, cacing yang saya temuin ini kecil banget eee.. panjangnya sekitar 8 cm-an, apakah itu termasuk larva? eng-ing-eng.. Big Question ini namanya.

Pokoknya, jangan lupa siapkan garam dan pembersih kamar mandi deh ya, jaga-jaga kalau ketemu makhluk ini bisa langsung bersikap defensive kita. Lebih baik lagi kalau kamar mandi dijaga biar gak basah terus-terusan deh, tapi kayaknya ini gak berlaku buat kamar mandi kos-kosan ya, hehehe. Baru juga satu orang keluar kamar mandi, lainnya udah pada ngantri, mana sempet kering coba. Lha kalau kasusnya gitu sih, saya gak ada solusi lain selain bilang : "Berdoa aja ya, semoga itu cacing gak ketelen".

Yak. silahkan yang mau lanjut kasih info lagi di kolom komentar. Semoga bisa saling membantu menjawab kerisauan anak-anak kos se-Indonesia raya. Aamiin..

107 komentar:

  1. di kamar mandi saya juga ada tante... meski saya cwo tpi tetep ngeri.. imajinasi soal cacing ni juga saya alami kyk tante .. -_-'
    gmna ni biar bisa ilang ...

    BalasHapus
  2. tatne kata tmn saya ni cacing ngisep darah -_- makin ngeri aja saya dengernya ... hadeh.. -_-

    BalasHapus
  3. HWAAHHHH???? Cacing ngisep darah??? serius ini??? Haduh haduh haduuuhhh.. panik lagi deh kita Ooommm...

    BalasHapus
  4. persis....
    cacingnya mirip trus juga cara cari keyword google nya juga bikin frustasi..
    dan akhirnya keyword cacing pipih di bak mandi menuntun saya kesini...
    pertanyaan yang masih nyangkut..
    nih cacing dateng dari mana kok bisa rutin dateng ke bak mandi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cacingnya keluar dr pipa. Atau saluran air bersih yang bukan dr pam.

      Hapus
  5. Huwaaah, baru aja tadi semacam cacing tapi kayak ular, warnanya item pekat banget, ngelintas di jempol kaki saya. Padahal di ruang tengah yang pake karpet. Nyari keyword pake "Jenis cacing hitam" malah nyasar kesini..
    Cacing jenis yang di kamar mandi kak wida sering saya temuin kok di kamar mandi saya.. Itu cacing 1 paling rese, emang. Nemplok di lantai kenceng banget. Susah di banjur. Tipsnya, ngebanjurnya kalau dia lagi ngegeser, kak. Aku sih gitu. Kalau enggak, pas lagi nemplok kenceng gitu, lepasin 'templokannya' pake lidi atau apapun, terus langsung banjur. Berhasil terus, alhamdulillah. :))

    P.S. Dari wikipedia, cacing yg ngelintas di jempol saya ternyata ular kawat, sepertinya. Hiii, merinding sampai sekarang --"

    Eh, btw. Itu namanya xbal, mirip nama kakaknya temen saya. Apa jangan-jangan emang kakaknya temen saya? :))

    BalasHapus
  6. wah jangan2 si dinda ini adiknya kanda ya... :D

    BalasHapus
  7. bahaha, malah balik nanya... bukan kak... X)

    BalasHapus
  8. kalo saya mah, tuh cacing langsung saya guyur pake obat pembersih porcelain. Kejem sih, tapi untuk menghindari hal yang enggak-enggak gpp deh jadi wanita kejam, hehehe.

    lha kalo datang dari mana nya ini saya yang juga heran, apa beneran jenis planaria ya? kalo jenis ini memang suka banget sama dedaunan, secara rumah tempat tinggal saya ini masih ada halaman belakang yang penuh dedaunan dari pohon belimbing, mangga, dan sirsak. Banyak dedaunan dan kemungkinan.... banyak pula dong cacingnya.

    HWAAHHHHHH....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya saya semprot pake parfum atw rexina yg memang saya smpan d kamr mndi,kejam,tp drpda kenapa2. . .
      Cm klo d rmah saya warnax kuning mba

      Hapus
  9. saya juga nemu di kamar mandi kos -_- sering banget itu kayaknya dari kakus atau semen keramik kamar mandi yg bocor, karena saya sering lihat cacing ini berkamuflase di garis garis keramik yg warnanya hitam jg.

    dan parahnya aku pernah nginjek dan kebawa sampe beberapa langkah tapi dia masi hidup :’
    sejak saat itu klo ke kamar mandi kos pasti pake sendal jepit.

    BalasHapus
  10. waktu masih balita, cacing seperti itu pernah mampir di muka saya pas tidur-tiduran di lantai rumah. emang susah diusirnya karena lengket, akhirnya sih lepas juga setelah ditepis agak keras. berita baiknya adalah, sampai sekarang saya tidak pernah menderita cacingan, jadi cacing itu tidak menginfeksi manusia

    BalasHapus
  11. Di kamar mandi saya juga banyak..malah ga abis2..sekali masuk kamar mandi jumlahnya puluhan..cape juga tiap masuk kamar mandi mesti bawa2 garem dapur buat bunuh ni cacing..kalo cuma disiram mereka dateng lagi.alhasil coba2 pake sabun cair ampuh juga..hehhee :D

    BalasHapus
  12. duh ikutan ngeri kan gw jdiny,....
    pasalnya wktu sy mau mandi td pagi,.... eh kok ada yg berenang renang gtu di bak mandi, cius ni.. gk lby"brenang-renang''.
    bentuknya prsis kya cacing gtu,. tpi anehnya kok bsa brenang ya??
    apa itu lintah??
    mhon bantuanya ya sobat,. ngeri bget ni,....
    tkut mandi jdinya.... hikhik

    BalasHapus
  13. emang nih cacing bikin penasaran deh... kalo pas tuh cacing muncul di kamar mandi sementara saya terlanjur naked dan otomatis gak bawa garam, pake obat kumur mulut juga ampuh kok.. hehehe

    BalasHapus
  14. pake sabun cair.. langsung kejet2 haha. jijik banget, takut masuk ke badan soalnya ukurannya keciiiil banget. kadang di kamar mandiku malah ada yang warnanya merah, lebih panjang dikit

    BalasHapus
  15. Wah wah kasus yg sama nie sm cacing d rumah sy
    Warnanya emang item bnget tp setelah saya ambil trus sy bw keluar ke panas2an ternya ta warna sbenernya tu garis2 manjang kek uler sawah gt !!
    Cb deh yg nemuin lg di bw ke tmpat yg lebih terang,sama ga kyak yg d rumah sy !!
    Parno bro :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh kalo bener ada garisnya, kemungkinan planaria beneran kali ya kaya di gambar saya yang nemu di gugel..

      Hapus
    2. Iya sama aku juga nemu jadi parno males k kamar mandi

      Hapus
  16. ini dikamar mandi ane juga ada gan, emang bikin ilfiel sendiri sih
    sampe" ane jg cari" informasi cacing tsb digugel wkwk
    kalo di tempat ane ada yg nempel di dinding, closet, sikat wc, dll gan..,
    KZL mikirin ni hewan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiiiii... ngeri laaah kalo ketemu lagi sama makhluk ini, bikin bulu kuduk berdiri..

      Hapus
  17. katanya basminya pakai garam tapi muncul lagi muncul lagi jadi tiap hari harus tebari garam di kamar mandi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya say, pake garam emang bisa banget matiin nih cacing, cuma kalo cacingnya beranak-pinak di tempat tersembunyi, kita bakalan siapin garam seember buat si cacing kalo tiba-tiba muncul mendadak.. hehehe

      Hapus
  18. Gampang aja, kamu tinggal pergi ke pasar atau warung sembako dan belilah setidaknya 4 garam kotak atau orang juga biasa menyebutnya sebagai garam bata (garam berbentuk padat), lalu letakkan garam tersebut di tiap sudut kamar mandimu. Perlu diketahui bahwa cacing tanah bisa mati jika ia terkena air garam atau air asin dalam jumlah tertentu. Nah garam padat yang kamu letakkan di kamar mandimu akan larut menjadi air asin ketika ia terkena air cipratan mandimu.

    Dan itu akan efektif untuk mengusir cacing agar tidak lagi masuk ke dalam kamar mandi. Tapi jangan lupa untuk mengganti dengan garam yang baru jika garam yang kamu letakkan tadi sudah habis. Kamu boleh menambahkan lebih dari 4 buah garam jika kamu rasa itu perlu. Nah sangat sederhana bukan? Oke mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Semoga bermanfaat :D

    BalasHapus
  19. Wah ahirnya nemu temen yg pnya kasus sama, tiap hari nemuin cacing item lancip bgituan, udh di bersihin pake bantuan cairan porselen membantu sihada bnyak yg KO.tp kok besoknya masih ada lgi ya, nemu yg anakan Kecil banget. Lmyan banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeaaa.. ternyata banyak yang mengalami ini.. makasih ya udah mampir ^_^

      Hapus
  20. WADUH, ternyata banyak jg yg senasib sm sy, udh bertahun2 hidup dg cacing di kamar mansi, kadang cacingnya masuk ke ember besar yg penuh air, terpaksa dibuang deh tuh air, mana air lg susah, lebih parahnya masuk kedalam rendeman baju, gmn g stress?, kolo garem mah udh brp kwintal kali, masih aja g abis2, sampe2 istri minta rmh ini d jual aja, rumah jd g nyaman gara2 cacing, mari kita basmi cacing sampai ke akar2nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. #IkatKainDiKepala : Ayo kita basmi bersama!! hehehe. BTW, jangan dijual atuh rumahnya, sayang banget gara2 cacing doang. Makasih ya udah mampir ^_^

      Hapus
  21. Akhirnya nemu jg bahas cacing kpl lancip ini..lega kl mmg ga berbahaya,..takut ih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita saudara sepercacingan rupanya #Eh.. makasih ya udah mampir ^_^

      Hapus
  22. Aku barusan banget nemu cacing yg kaya gitu. Takut masuk ke badan pas lagi mandi/minum. Terus itu tuh sebenernya keluar barengan air dari keran atau dari mana sih?
    Kalo pun gak berbahaya tapi tetep aja takut. Kesannya jadi gak bersih di airnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya say, emang bentuknya itu loh bikin gak tenang.. meskipun gak berbahaya karena bukan jenis parasit, tapi tetep aja geli-geli gemenoongg gituuu..

      Hapus
  23. Waduh,,kalo di rumah saya mala cacing pita yang panjang2 warna pink hhhhiii ngeriiii kalo itu namanya lintah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah.. kok unyu warna cacingnya Pink.. hehehe

      Hapus
  24. Bbrp hr ini jg aku kena urusan cacing ini nih.. Tadinya heran drmn cacing tsb muncul terus, padahal kamar mandi baru lho. Skrg udah tau. Dia muncul dr celah antara keramik. Bisa keramik lantai, bisa keramik dinding kamar mandi. Sehabis disiram atau dipakai mandi, 10 menit kemudian muncul tuh cacing, gara2 tempat tinggalnya kebanjiran. Jadi, celah2 antara keramik itu mesti disemen yg rapat, engga boleh ada celah ato lobang sedikitpun. Aku sampe tiga kali nambal celah2 gitu. Sekali nambal kupikir udah beres, tapi trnyata msh muncul cacing. Cari lagi lobang di mana dia muncul, terus disemen sampe seluruh lantai kamar mandi rapat, ga boleh ada lobang cacing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kayaknya emang kudu rajin ngecek sela-sela keramik deh.. siapa tahu emaknya cacing tiba-tiba diam disitu dan beranak pinak.. hadeehhh...

      Hapus
  25. ya ampunn... akhirnya nemu juga, aq stres ama ni cacing, secara rumahku belakangnya masi kebun. itu cacing dalam sehari bisa muncul lebih dari 5 ekor, padahal uda disiram garam. dikasi pembersih porselen biasa masi idup. akhirnya garamlah andalan saya, meski kliatan tega, tapi mo gimana lagi, paling risih klo kamar mandi uda dibersihin seminggu 2x tetep tu cacing dengan santainya tiba2 ada di lantai,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laahhh.. apalagi belakang rumah masih kebun-kebunan gitu, jadi cacingnya bebas jalan-jalan ke dalem rumah. Hiiii geliii.. emang kudu punya stok garam lebih kayaknya nih.

      Hapus
  26. Duh kakak2 ini senasib sama sayaa..jijik kak lihatnyaa ngga cuma sekali dua kali tapi tiap hari keluar..namanya juga org ya gk selalu tau apa ada cacing atau ngga mana kecil banget tu cacing takutnya kalo nempel di kita apa lagi kalo sampek tu cacing masuk ke tubuh..ngga ngeri gimana coba kak..bunuh pakai porselen itu emg ampuh tapi itu juga bisa ngerusak lantai kamar mandi yg akhirnya jadi jalannya cacing masuk kamar mandi kak..dikasih garam pun kadang juga tetep muncul..gimana coba mau ngatasin hewan satu inii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara andalanku cuma garam sih, soalnya mau membunuh cacing sampe ke koloni2nya kok kayaknya bisa merusak keseimbangan ekosistem gitu #Hayyah #Glodak. Hehehe, intinya selain harus nambah stok garam, kita harus sabar.. hehehe

      Hapus
  27. Ka semalam aku juga dibuat Shock sama cacing ini. Persis banget pokoknya aku jadi jijik sampai sekarang. Bayang-bayang di otak gue.
    Btw warna bagian bawah cacing ini agak pucet putih gitu bukan ka? seperti ular gitu kala ukuran. ihh jijik bener.
    Jadi pas gua cuci piring gitu, kan gua siram air dulu nih piringnya. jadi pas mau nyabunin piring, tiba-tiba aja nongol ini cacing gile lagi jalan cacingnya nyosor keluar dari bagian bawh piring/samping piring bagian bawah. Langsung aku teriak-teriak jijik dan sabut cuci piringnya aku lempar ke bawah lantai karena keburu lari sambil nangis.
    Oh ya, cacing itu akhirnya di ambil sama adik aku dan cowo aku. Katanya dibelah dua badannya dan dibuang ke closet.

    Parnok nya aku jadi ga mau lagi masuk dapur, dan kalau di kamar mandi aku selalu intip dulu closetnya takut cacing itu bangkit kembali. xixixiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haish.. serem emang ih. Rutin dikasih garam aja di bagian yang rawan jadi tempat tinggal cacingnya.

      Hapus
  28. Barusan bangun tidur... tiba tiba ane lihat juga benda hitam hitam gerak... mirip mirip kayak diatas... bentuknya sih mirip sama diatas tapi kayak ada sisiknya gitu... trus ane masukin di sarang semut merah.. dan itu cacing gak geliat geliat kayak cacing pada umumnya yang kesakitan di gigit semut... kira kira itu apaan ya... ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada sisiknya kemungkinan cuma 2 : Kadal yang baru menetas, atau emang ular kawat. Yang kedua tuh bahaya.

      Hapus
  29. Di kamar mandiku juga ada tapi kecil2 itam gitu , seperti ulat kecil . Jijik dah , tiap hari ada . Sudah disiram nanti ada lagi. Selidik punya selisik ternyata keluar dari saluran pembuangan air . Padahal kamar mandiku di lantai 2 . Kok bisa ya .kira kira gimana basmi nya ya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngebasmi total sih kayaknya agak susah ya, bisanya sih mencegah aja dengan rajin kasih garam atau cairan pembersih kamar mandi di tempat pembuangan airnya, atau di tempat biasanya si cacing keluar.

      Hapus
  30. "bukan cacing parasit yang bisa hidup dalam tubuh manusia....."
    cukup melegakan pernapasan.. perasaan takut maksudnya
    dari banyak komentar diatas, belum lihat komentar dari spesialis cacing, spesialis rumah sehat atau sejenisnya..
    mungkin yang dibawah bisa menambahkan, biar cacing tersebut tidak muncul lagi di kamar mandi
    cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, sejak komen paling di atas isinya lebih kepada meng-ghibah-i ini cacing doang, hahaha.. ayo mana nih ekspertasi biologis? Muncul laahh..

      Hapus
  31. syukur nemu blog yang ngegosipin si cacing.... iya sempet frustasi mikir cacing yang muncul2 terus dikamar mandi. udah di nat lobang2 di sekitar keramik masih aja muncul, sampek nyetok garam dikamar mandi :(.. btw ini mbak nya aku acungin jempol berani berani nya ngefoto si cacingsialan itu, aku liatnya aja nggak berani sumpah si cacing lebih serem dari pada setan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum tau muka setan sih mbak, hehehe. Soalnya saya penasaran sih, nge-foto buat ditunjukin ke temen awalnya. Ehh gak ada yang tau. Kan kalau udah tau itu makhluk apaan, saya bisa cari tau solusi memusnahkan atau paling gak desye berbahaya ato gak.

      Hapus
  32. Pake kapur barus yang bulet2 itu taruh di Lantai kamar mandi! Ampuh sist..

    BalasHapus
  33. ih samaan banget sama yang lagi saya aku alamin kak :'((( stress banget setiap mau masuk kamar mandi , uda lantai kamar mandi kos warnanya item , ini cacing item juga, manaa keciiiillll banget huhuuu sedih banget .. ini cacing bener ga berbahaya kah ?? takut banget .. kalo misal keluarnya dari kran mampus deh kalo ketelen setiap kumur , ato gosok gigi duhh .. gtau kudu gimana :'((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha itu.. saya juga belum dapat memastikan ini bahaya apa gak, masih nunggu komentar dari ahlinya ini.. Tulisan di atas masih meraba-raba soalnya.

      Hapus
  34. Nah skrg giliran gwa nih yg parno :(
    Oiya tmn2 cuma pgin sharing aja,emng susah cari nama tuh cacing,akhirnya gw translate aj ke bhs inggris,gw liat2 gmbrnya kog bnran malah ada yg mirip bgt..coba deh liat larvae of the moth flies.mnurut ana gimana?mirip g ma yg gw liat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda sih kayaknya mas, ini cacingnya alus, badannya gak berbuku-buku kaya hasil guglingnya itu..

      Hapus
  35. itu nmanya blindsnake d luarnegri ato ular kawat d Indonesia, ktnya itu ular terkecil d dunia.rajin2 bersihin kma mandi ama permbersih toilet, kalo lantainy agak lic krn lumut kamar mandi mreka kyaknya smakin leluasa bergerak, klo keset susah mreka gerakny.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya awalnya juga ngira blindsnake mas/mbak, tapi ukurannya kecil banget.. cuma sepanjang jari telunjuk saya aja, sekitar 8-10cm lah.. Dan setau saya, ular kawat salah satu ujungnya (kepala) bulat, gak lancip. Lha ini cacing dua-dua ujungnya lancip. T_T

      Hapus
  36. Itu namanya cacing lispo...klo ada banyak saya bayarin buat mancing...galatama...joss itu umpan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cacing lispo itu bukannya cacing pacet ya mas? bentuknya mirip lintah gitu (apa saya yg salah), hehehe.. maklum gak ngerti masalah umpan. Tapi yang jelas nih cacing kecil banget sih, apa gak kesusahan untuk ditusukin di kailnya?

      Hapus
  37. di kos aku juga ada nih. parahhh.
    Tapi pendek-hitam (seukuran potongan kuku gitu) ga pernah ada yg sepanjang di foto, sama kah jenisnya?
    Udah cari2 obat pembasmi cacing kamar mandi tapi belum ada yg bikin/jual ya. Susah bgt musnahin peranakannya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya emang suka sama kelembaban nih cacing ya. Kondisi lembab susah juga kalau mau ngebasmi, garam atau obat pembersih gak bakalan ngefek kalau bentar-bentar ponten nya udah basah lagi dipakai gantian, hehehe..

      Hapus
  38. akhirnya nemu juga blog yang bahas ini cacing, dan kebanyakan anak kost juga kyk saya.. serius ini cacing ga bahaya? soalnya keluar dari pipa air yg bukan pdam tapi di tampung di toren gtu dlu. apa dri torennya ya.. sering bgt lg keluar nya, trus kecil bgt ga keliatan. sempet mikir aneh2 juga gmna kalo masuk ke tubuh -_____- Btw makasih admin yang udh share, sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak sama-sama, tapi masalahnya saya juga gak tau ini jenis cacing yang bisa dikategorikan flatworm yg gak berbahaya apa gak. Sukur-sukur kalau emang satu spesies T_T

      Hapus
  39. dpt info dri blog sebelah, "dengan membersihkan secara teratur tandon air (bisa diberikan kaporit) dan memakai penyaring di keran"

    BalasHapus
  40. Hehehehe,, Sama Tempat Kontrakan Ana Jg Ada,, Awalnya Parno Juga,, (Sampai Sekarang Juga) Kalo Tak Telusuri Dari Nat Keramik Kayaknya,,
    NB : - Tempat Ane Deket Kebun
    - Septitank Ane Mampet,, (Pernah Tak Hajar Pake Soda Api,, Hancur Semua Nat Keramik,, Kok Bisa Ya,,,)
    Takutnya Dari Nat Keramik Bak Kamar Mandi, Bayangkan Pas Kumur,, Gak Kuat Ngebayanginnya,,

    BalasHapus
  41. dikamar mandi sy juga ada. tp cacing nya tidak panjang. alias pendek". hitam pekat dan ujung lancip. pernah saya ambil dan taruh di tempat kecil. dan sy rendam dgn harpic pembersih closet seharian. tp tidak mati. parno juga sih

    BalasHapus
  42. Pake tiner/minyak tanah bs jg dengan bensin.. Guyur guyurin aja kramik kmar mandi.. Tp jngn smbil ngeroko/hal yg menimbulkn percikan api nti bs kbakaran rumahnya.. Djamin gk nongol lg cacing itu..

    BalasHapus
  43. kiraen gw aja yg dapat masalah kayak gini. rupa nya rame juga yaa hehe.

    btw ne cacing emg bikin kita paranoid. sampe2 gue pernah berpikiran macem2 tentang ne cacing.

    BalasHapus
  44. Tante ...toyongin.awal penasaran cama cacing dikamardi gara gara aku kencing liat percikan kencingku.tapi tiba tiba ada saya liat ada cacing hitam gelap tpi pendek tante.sy penwsaran itu cacing jatuh dari air kecingku atau dari diding keramik.dan akhirnya penasaran dn saya cari digoogle dn ketemu tante.ciyuus tante..itu cacing dari mana..

    BalasHapus
  45. Jangankan dikamar mandi. Ini muncul juga di tempat cucipiring. Kalo sehari ga di lap. Besoknya muncul anak2nya. Takut masuk ketubuh, nyelinap ke telinga besar disitu. Aduh ngeri.. itu cacing asalnya dr mana. Gugelinh cuma blog ini yg rada sreg. Harus dgmanain niih.

    BalasHapus
  46. Jangankan dikamar mandi. Ini muncul juga di tempat cucipiring. Kalo sehari ga di lap. Besoknya muncul anak2nya. Takut masuk ketubuh, nyelinap ke telinga besar disitu. Aduh ngeri.. itu cacing asalnya dr mana. Gugelinh cuma blog ini yg rada sreg. Harus dgmanain niih.

    BalasHapus
  47. Minggu kemarin kosan saya tinggal seminggu. Pas balik, di kamar mandi ini cacing nongol Deket ember, sekitar dua atau tiga lah. Karena perasaan udah ga enak, air di ember saya kosongin, dan ternyata di dasar ember anak- anak dari si cacing udah berkembang, hiiiiii

    BalasHapus
  48. Barusan nemu juga di lantai kamar..huks! Heran dr mana datangnya ya...(parno saya dibuatnya) pas jl masuk kamar kirain eek cicak, trus di sapu pake jempol kaki, jadi nempel dikaki terus diluar kamar pas dicopotin ternyata kok gerak2 trus jadi panjang syock aku ternyata cacing.. hadeeuhh, moga2 cuma 1 itu g ada teman2nya yg lain..

    BalasHapus
  49. Kt tetangga sih,cacing itu ikut arus air dlm pipa(kbtulan drmh pk air PDAM dr sumur bor)itu airnya kotor(maklum hbs pindhn rumah baru).pdhl sy cek bak mandi airnya jernih2 j..cb biarkn air bak mandi smp 2-3 hr,prhatikn nti ada cacingnya menggeliat2 kecil 2cm-3cm di dasar bak mandi(ih ngeri jdnya ngliatnya)..oh trnyata bnr (tp kok bisa ad ccng sih).ad jg ttangga yg selalu pk penyaring air,ktnya sih airnya kotor(sblm dpk airnya disaring dl,pk pnyaring air zat kapur yg rapet bget itu)..kt tetangga,ht ht punya anak kcl cewek nti bisa2 cacingnya masuk kdlm sela2 kulit(alat fital) bhy jg nih cacing krn cacing ini tidak kasat mata n selang bbrp hari makin dewasa.kl namanya ular kawat bentuknya tdk bgt(bedanya yg ini kepalanya mirip kpl anak panah,runcing.kulitnya hitam mengkilat)...bener jg kt tetangga pk pnyaring,mungkin praktisnya lg pk keran yg sdh ada pnyaringnya...jd aman...bila perlu dlm bak mandi diberi ikan,biar kl lolos pnyaringan cacingnya lgsung dmakan ikan(krn kl pk kaporit g suka sm baunya,bs2 pas kumur2 mulut bw kaporit lg, kn g enak gt) jd pk keran penyaring sm ikan dlm bak mandi..kn seneng tuh pas mandi ad ikannya.hihi...tp y gt,sll bersihin kotoran ikan(sy pk selang transparan kl bersihinnya,jd kotoran yg didasar bak mandi disedot,biar g capek nguras gt)hihi...silahkn dcoba smg bermanfaat..

    BalasHapus
  50. Tuh cacing emang ngeselin, saya aja bolak balik nemuin kya gt d kmr mandi sya, ngeri sh ngelihatnya, tp sya udh terbiasa. Biasanya klo tuh cacing muncul langsung saya siram aja pake vixal pembersih lantai kamar mandi, di jamin deh tuh cacing lngsung keok, hehe....

    BalasHapus
  51. Tuh cacing emang ngeselin, saya aja bolak balik nemuin kya gt d kmr mandi sya, ngeri sh ngelihatnya, tp sya udh terbiasa. Biasanya klo tuh cacing muncul langsung saya siram aja pake vixal pembersih lantai kamar mandi, di jamin deh tuh cacing lngsung keok, hehe....

    BalasHapus
  52. D rumah saya ada sih. rumah pertama sama rumah ke dua malah. -,- tp tiap mereka muncul saya siksa .. wkwk. pake air rendaman baju lah. pake sabun cuci pokok nya. ampe tuh mereka jadi putih. luntur >:D biar kapok.. ngga jijik lagi sih. cuma ga brani megang. soalnya itu cairannya lengket amat. pernah ke pegang sih .. geli wkwk. skrng tiap ke kamar mandi. saya cari itu cacing dlu. klo ga ada baru mandi .. ^_^

    BalasHapus
  53. Kalau sy dirumah sering nemu cacing hitam,kepalanya mirip ular yg klo di kasih garam ga mati berlendir sprt lintah/cacing umumnya, dia malah cuma menggeliat2 kayak cacing kepanasan tp ga mati, trs badannya keras krn setelah dgn garam dia ga mati sy coba injek pake sendal..diinjek beberapa kali oleh bobot badan 70kg baru mati. Kira2 itu cacing apa uler yaa?krn klo di senggol dia menggeliat2 letter S gitu kya uler Seremm dah..

    BalasHapus
  54. saya anak sma dan saya nge kos. beberapa hari kebelakangan ini ada cacing seperti itu di dekat sela-sela mesin cuci saya (mesin cucinya berada di dalam toilet). saat menyiram sela-sela mesin cuci itu cacing seperti itu keluar terus. jumlahnya banyak. saya kira awalnya itu jentik-jentik nyamuk. tapi jentik jentik tidak berwarna hitam terus saya kira itu lintah.

    asli saya parno

    BalasHapus
  55. Saya anak kosan kamar mandi dalam, dikost saya juga belakangan ini ada banyak cacing hitam kaya gitu, padahal dulu ga ada, dan yg lebih parahnya lagi, pas saya kumur kumur mau sikat gigi itu cacing masuk dimulut terasa ada yg menggeliat langsung saya muntahkan, dr situ agak trauma kumur kumur setiap mau kumur kumur air di gayung harus diliat dulu. Jd takut aja cacing itu pernah tertelan tanpa disadari gt? Takut bisa hidup didalam tubuh. Amit amit

    BalasHapus
  56. Aq sering ketemu cacing ini jg mba...

    Biasanya jg q siram prostek...

    Pernah jg ketemu wkt bongkar got krn tersumbat, dia hidup dibalik tembok got yg hitam bau...

    Sempet curiga, jgn2 parasit...

    BalasHapus
  57. BACA INI BACA INI BACA INI JAWABAN
    Mau membantu teman2, itu adalah larva lalat kamar mandi. Coba search moth fly atau draain fly. Jadi klau mau membunuhnya, lalatnya juga harus dibunuh ^_^

    BalasHapus
  58. Saya juga nemu tuhh bentuk hewan seperti itu.. Tapi aneh nya saya nemu nya di kamar tidur saya, nempel di tembok.. Kira-kira sama ga yah sma yg ada di kamar mandi?

    BalasHapus
  59. Saya juga nemu tuhh bentuk hewan seperti itu.. Tapi aneh nya saya nemu nya di kamar tidur saya, nempel di tembok.. Kira-kira sama ga yah sma yg ada di kamar mandi?

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. barusan nemu cacing ini lagi setelah sekian lama gk liat,awalny dolo muncul dirumah terus cuek gk pernah cari tahu, soalny wkt itu ortu bilang itu cacing muncul dari sela-sela keramik karena lagi musim hujan.. baru tadi pagi ngeliat lagi di kamar mandi mess kantor, jadi parnoan karena lumayan besar ~.~

    xoxo,
    https://bluxygurl.blogspot.com

    BalasHapus
  62. Akhirnya nemu nama ilmiah hewan ini. Dikenal dg nama cacing pipih nugini atau platydemus manokwari. Katanya sih dia suka makan siput.. ewww..

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Bentuk aslinya kecil banget kan ya? Saya juga nemuinnnn sampe bingung darimana apa mungkin karena lembab ya? Sampe disiram garam terus pada keluar dari sela2 keramik...apa bisa masuj ketubuh ya? Jadi parnooo pleasee kalo ada yg yakin ga masuk tubuh tolong beritahu donkkkk

    BalasHapus
  65. Bentuk aslinya kecil banget kan ya? Saya juga nemuinnnn sampe bingung darimana apa mungkin karena lembab ya? Sampe disiram garam terus pada keluar dari sela2 keramik...apa bisa masuj ketubuh ya? Jadi parnooo pleasee kalo ada yg yakin ga masuk tubuh tolong beritahu donkkkk

    BalasHapus
  66. Baru aja nemu cacing ini tapi anehnya sllu nemu d lubang wc pas dkubangan airnya dlu sempet nemu anknya banyak tp gak bgd ukuran anknya se potongan kuku takutnya asalnya dr air pam soalnya air pamnya jelek.. terus bersemayam deh d wc apa dr torent entah lah

    BalasHapus
  67. Sering nemu d kamar mndi dan bikin serem.. Pas barusan saya ketemu lg tuh cacing saya iseng bawa es batu d kulkas saya timpain ke cacingnya dan cacingnya mati malah naasnya badannya jd ancur kaya meledak.. Seremmmm

    BalasHapus
  68. keknya kasusnya mirip2 semua hahaha, baru lihat nih cacing parno trus googling, saya sampai tanya temen anak jurusan biologi, dianya ga tahu juga pastinya apa, tapi yang jelas kita dapet konklusi kalau cacing parasit itu ga bakal tumbuh segede itu (gambar di blog) diluar tubuh mamalia atau inangnya, kecuali dalam bentuk telur atau larva kecil, tapi ini ga tahu pastinya, yang jelas parno banget dah ngelihat tuh cacing, mana tu cacing gampang putus badannya... hiks

    BalasHapus
  69. Perhatian!! Perhatian⚠⚠⚠⚠, berdasarkan percobaan saya saat menempelkan cacing kepala lancip itu pada badan ikan sepat..kemudian yg terjadi adalah cacing ini dapat dengan sangat cepat menggendut saat menghisap darah dari badan si ikan... Satu"nya cara yg ampuh yaitu dengan meneteskan air sabun atau pembersih lantai(vixal) ke mulut cacing yg menempel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya selalu sedia parfum yg mengndung alkohol sejenis rexona,kadang saya lari k dalam buat ambil stella yg buat pengharum ruangan kalo khabisan parfum,bgitu d semprot lgsg koit. . .cm kalo d rmah saya,warnax putih,lbh sring d tmpat cuci piring drpda d kamr mandi

      Hapus
  70. Akhirnya nemu juga yg bahas cacing kamar mandi ini hhhh... tapi ngga bahaya kan ini, sungguh stress tiap masuk kamar mandi

    BalasHapus
  71. demi apapun gue nyediain piso bekas di kamar mandi, tiap liat langsung gue belah tu cacing2nya.

    akhir2 ini cacing di kamar mandi gue kok rada aneh ya, paa gendutan. itu lg hamil apa abis makan? makanannya ni cacing apaan? ga nyedot darah manusia kan?

    BalasHapus
  72. Baru banget nemu kemarin...kok baca2 comment2nya malah jadi tambah parno ya...saya anak kost....dan kemarin bau nemu dikamar mandi...ada cara biar hilangin selamanya ngga ya?

    BalasHapus
  73. Barusan nemu di kamar mandi.. itu cacing dari mana y.. padahal kamar mandi sering dibersihin.. jadi parno ih.. disiram pake sabun cair ga mati.. ujung2 nya dibakar. Ngeriii

    BalasHapus
  74. helow semua,
    sudah seminggu ini di kamar mandi kami juga muncul cacing semacam ini, sama persis. sampai nemu 3 cacing. dimana 2 cacing ditemukan di luar, dan 1 cacing ditemukan di lubang closet (lubang-lubang kecil tempat keluarnya air sentoran closet). bisa bayangkan, sejak saat itu, tiap kali mau pup (maaf), gak tenang.
    dan semenjak ditemukan beberapa cacing itu, ubin kamar mandi mulai di semen ulang (pakai semen putih), dan selalu kami taburi garam dan disiram dengan air mendidih.
    eeeeeee, lakok pagi tadi habis pup, pas nyentor, cacing itu keluar langsung dari lubang kecil (di closet), dan masung ke pembuangan. huhhh... langsung deh satu ember besar kami sentor ke closet trus garam, trus air panas.

    tolong dong bantu cara ngilanginnyaaa....

    BalasHapus
  75. Kebutulan dikamar Mandi ada batu asahan pisau.. Kalau lihat lansung saya potong2 menjadi beberapa bagian..
    Dan ternyata cacingnya susah mati..

    BalasHapus
  76. Gua ada yang kaya gitu bahkan panjangnya nyampe 30 cm yang terpanjang.. sebelumnya sekitar 20 cm 10 cm anak"annya yg kecil dan masih lembut" juga ada.. ingin dibasmi rasanyaaaa

    BalasHapus
  77. om tante,,,jadi cacing tersebut berbahaya gak sih,,,,bisa jadi parasit gak sih? misalnya masuk tubuh, terus iduh di tubuh,,,atau ngisep darah kek lintah gak sih?,,,,,ngeri,,,dan yg paling penting, adakah cara membasmi secara permanent? geli dan ngeri,,masih mending klo udah gede, nih yg kecil2nya bikin males mandi di wc,,

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>