Pemeriksaan Pertama Kami...

30 April 2013

Senin kemaren saya mulai masuk kerja sebagai seorang Bumil muda, hehehe. It was amazing!! Banget nget nget!! Dan rasa mual yang minggu lalu saya pikir bagian dari sakit maag saya, minggu ini mulai saya sadari adalah bagian dari ritual mual nya ibu hamil.

Tapi sayangnya, mungkin karena saya kecapekan di jalan ya, siang jam setengah 11 saya mengalami flek. Hari sabtu memang saya pulang ke rumah orang tua saya di daerah Kebraon, dan hari senennya saya berangkat kerja dari Kebraon ke kantor di daerah Sukolilo. Saya awalnya ngerasa biasa aja gitu, gak ada rasa capek yang berlebihan atau gimana pas di kantor, cuma emang masih lemes gara-gara paginya makan cuma dikit dan mual-mual. Mana perut saya bagian kiri (bukan rahim loh ya..) rasanya sakit banget, ini sudah pasti maag, soalnya rasanya sakit di deket ulu hati gak nahan banget. Sampai akhirnya saya ke toilet karena kebelet pipis, di sana saya menemukan ada keputihan warna coklat yang sama seperti saat mau mens, dan itu kemaren saya alami juga pas awal-awal saya hamil seperti yang saya tulis di dua postingan sebelumnya.

Waktu saya nanya sama temen saya, itu katanya flek. Duh saya langsung pusing. Soalnya warna coklat nya lebih pekat dari sebelum-sebelumnya, saya jadi keinget pas flek jaman keguguran dulu. Saya orangnya jadi super traumatis kalau berhubungan dengan flek-flek begini, dan tanpa bayak cuss saya langsung ijin pulang aja deh buat istirahat. Tebelin muka jadinya karena baru 2 hari ijin sakit, hari itu udah ijin lagi pulang siang, habis mau gimana, anak ini adalah titipan yang harus saya jaga, apalagi saya sudah menginginkan dititipin nih anak dari jaman awal saya menikah. So, it was my choice..

Nyampe rumah diantar sopir kantor, saya langsung melahap habis nasi padang lauk otak dan kikil *rakus amat yak* yang saya beli saat perjalanan pulang kantor itu. Setelah ludes, perut saya kembali tenang, dan rupanya memang janin saya yang sedang meronta-ronta kelaparan akibat sarapan pagi saya yang super dikit. Duh bener-bener tega saya ini, gak respek banget dengan rasa lapar yang sampe menyebabkan maag dan membuat janin saya ikutan lemes pula. Maafkan mama ya nak, mama belum peka nih kalau kamu lapar.

Malamnya saya yang siangnya udah bikin janji dengan dokter kandungan di daerah Jl. Cilimanuk, tepatnya di Rumah Sakit Bersalin Sayang Ibu dan langsung ditangani oleh dr. Maya Sri Kamaroekmi, Sp.OG. Dokter cantik ini masih dokter yang sama saat saya program hamil dulu, karena gak ada alasan lain, nama besarnya cukup disegani di dunia per-hamilan, jadi untuk sementara ini saya mantapkan hati *cieehhh* untuk tetap jadi pasien dr. Maya.

Karena kalau di RSB Sayang Ibu ini praktek dr. Maya baru jam 8 malam, maka kami sebagai pasien harus mulai menelfon untuk mendaftar bikin janji dari jam 9 pagi. Kalau telat dikit, maka jangan salahkan nomor antrian yang bakal kita dapet, bisa sampai antrian ke 40 an dan itu berarti sampai jam 2 pagi. Untungnya setelah dapat nomor antrian, malamnya saat akan tiba giliran nomor antrian kita, pihak RSB akan menelfon kita untuk memberitahu bahwa antrian kita sudah hampir sampai. Jadi gak perlu kita ngendon di sana sampai lumutan apalagi sampai nunggu jam 2 pagi segala.

Dan hari senen ini setelah suami saya telfon 'agak' terlambat, maka saya mendapat nomor antrian ke 31, which means saya akan datang sekitar jam 12 an malam. Ya sudahlah gak papa yang penting saya mau periksa, soalnya saya khawatir tentang flek saya ini.

Malamnya saat saya sudah ditelfon jam 11 malam karena giliran saya sudah dekat tinggal 5 orang saja, maka saya segera berangkat ke sana. Dan ternyata eh ternyata, pasien yang katanya tinggal 5 itu membengkak jadi 8 orang karena entahlah, mungkin yang tadinya mau berniat cancel datang tiba-tiba mengurungkan niatnya, lalu memilih tetap datang untuk periksa meskipun sudah malam sekali. Dan akhirnya saya yang datang ke sana jam setengah 12 malam baru dipanggil 2 jam kemudian.

Penantian 2 jam itu tidak sia-sia saat melihat keberadaan anak saya melalu USG transvaginal, saya memang langsung diarahkan ke sana karena mungkin dr. Maya tahu kalau usia kehamilan 5 minggu tidak akan terlihat jelas dalam USG biasa. dr. Maya juga menyarankan saya untuk banyak istirahat karena mungkin flek tersebut hasil saya 'capek' dan tidak segera istirahat saat si 'anak' di perut minta mamanya untuk istirahat.


dr. Maya bilang untuk menaikkan dosis obat penguat saya saat saya mengalami flek lagi, yang semula sehari sekali maka saya harus meminumnya jadi sehari 2x. Tapi lebih dari itu, saya memang diminta untuk istirahat dulu sementara, karena usia 5 minggu kehamilan plasenta untuk pelindung janin belum terbentuk, jadi sebelum minggu ke 14 kondisi saya dan janin masih akan lemah.

Untuk makan-makanan, saya hampir menjadi pemakan segala, tapi anehnya berat badan saya malah turun 3 kilo. Dokter menyuruh saya agar jangan sampai turun berat badannya dengan memberi saran harus banyak ngemil. Nah ini nih repotnya, saya gak hobi ngemil soalnya, jadi kadang masih suka bingung saya harus ngemil pake apa untuk menaikkan BB saya? Saya juga gak ada masalah dengan susu hamil yang kata beberapa teman saya yang lebih berpengalaman mengatakan bahwa banyak yang eneg dengan susu hamil, Alhamdulillah saya tetap jadi pemakan segala. Cuma memang saya gampang bosen dengan satu jenis makanan, jadi mau nya ganti-ganti terus. Suami saya juga mensubsidi saya dengan buah-buahan semacam pisang dan alpukat, katanya baik untuk perkembangan bayi di awal trimester pertama.

Kalau mual-mual, perut serasa penuh, begah, kembung, katanya memang dialami sebagian besar ibu-ibu hamil muda, makanya saya berusaha makan sebanyak-banyaknya selagi bisa, keuntungan saya tidak pernah muntah adalah anugerah buat saya, karena itu berarti makanan yang saya makan untuk kami berdua nutrisinya kemungkinan besar akan bisa terserap dengan baik. Amin.

Dan pemeriksaan kedua kami akan terjadi pada tanggal 13 Mei nanti, sama dr. Maya disuruh kontrol soalnya, hehehe.

Semoga kehamilan saya lancar sampai proses persalinan, sampai membesarkannya menjadi anak sholeh/sholeha. Amin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>