PAGER DI GIGI

Saya kembali dengan penampilan baru yang superrrrrr sekali sakitnya. Awalnya sih saya cuma nyobain diskon pasang behel di temennya temen saya yang baru buka praktek Klinik Dental, saya tertarik dong, karna diskonnya sekitar 1 juta an dari harga normal. 

Mana kondisi gigi saya baik gigi depan atas dan bawah sama-sama mencla-mencle, dan saya rasa butuh perawatan behel biar tambah manis #padahal cuma alasan tambahan sih, alasan utamanya adalah biar bisa dibilang keren gitu kalo pake behel. Hehehe#


Akhirnya saya nekad aja daftar mumpung cuma sampai akhir desember tahun ini aja, janjian sama mbak dokter cantik bernama Nabila itu sih hari kamis tanggal 6 Desember, cuma akhirnya dimajukan karna mbak dokter (panggilan saya buat drg. Nabila) jadwalnya penuh hari kamisnya itu. Ya sudah, kebetulan juga sih, karena memang saya selalu terbayang-bayang sendiri gimana muka saya nantinya setelah di behel, gimana rasanya di mulut ini teronggok (halah) sebuah bracket behel dan bla bla bla alasan lain yang bikin saya tiba-tiba jadi kaya anak kecil dengan ekspektasi besar akan datangnya hari pembehelan yang udah kaya hari libur panjang.

Saya berangkat ke tempat praktek mbak dokter pulang kerja dengan nebeng teman tentunya, karena suami kebetulan gak bisa nganter akibat dapat jatah piket dari tempatnya bekerja. Saat membuka ruangan si dokter, langsung terasa ruangan yang manis dan feminim ditambah senyum mbak dokter yang ramah menyapa. Tanpa banyak cas cis cus saya langsung digiring (semacam bola aja ya kayaknya) ke kursi pembaringan, dan setelah diperiksa model gigi saya, ternyata ini gigi masuk kategori gigitan dalam.


Walah apa lagi itu Gigitan Dalam? Saya juga baru tau nih istilah gigitan dalam (deep bite), gigitan dalam bisa berarti suatu keadaan dimana hampir seluruh gigi depan bawah tertutup oleh gigi depan atas, kalau dibiarkan sementara gigi mau dibehel, maka bracket yang dilem pada gigi depan bawah bisa 'ucul' semua akibat kegigit sama gigi depan atas. Akhirnya diambilah solusi sementara dengan memberi pengganjal gigi geraham bawah dengan email buatan. Mbak Dokter bilang, akan dilihat dulu perkembangannya dalam waktu 3 bulan ke depan, kalau gigi saya masih 'bandel', maka terpaksa gigi geraham atas akan dicabut masing-masing (kiri-kanan) 1 biji. Hmmm... saya sudah langsung mules-mules membayangkannya.

Saya bukannya belum pernah dicabut giginya, setahun yang lalu saya pernah mengalami yang namanya gigi 'ngondek', kenapa saya bilang gigi ngondek? Karna gigi saya geraham bawah sebelah kiri tumbuh tanpa permisi dengan keadaan bengkong seperti tangannya cowok yang hobi ngondek. Umumnya bentuk gigi adalah antara kepala dan akar lurus, tapi ini akarnya bengkong meskipun kepala yang tumbuh di luar sudah benar hadap ke atas. Sakitnya luar biasa waktu itu kalau sedang kumat, sampai akhirnya saya memutuskan berangkat juga ke dokter gigi untuk menjalani pemeriksaan dan ternyata saya mengidap apa tuh namanya Odontektomi atau apa gitu kalo gak salah, dan harus dicabut. Karena sebenernya gigi ngondek saya itu tumbuh tanpa guna soalnya, jadi gak masalah juga kalau dicabut.

Pas dicabutnya sih waktu itu gak sakit ya, tapi nyuntik gusinya itu yang SUBHANALLAAAHHH sakit tingkat tinggi pemirsaaaahh . Dan tidak bisa saya bayangkan akan mengalaminya lagi saat memasang behel ini. Padahal awalnya saya ngira gigi saya gak terlalu banyak masalah dan menurut saya tidak perlu ada pencabutan segala, makanya saya berani-berani aja ngikut pasang behel dengan 'harga teman', ternyata saya salah. Kalau sudah datang ke dokter gigi mah pastinya akan ada aja masalah pada rongga mulut ini yang bisa mendukung alasan untuk tetap dilakukannya proses pemagaran gigi. Dan saya sudah pasrah.



Dan ternyata eh ternyata, benar kata orang-orang selama ini, kalau behel ternyata berteman akrab sama yang namanya NGILU, SARIAWAN, dan KARANG GIGI (kalau yang ini saya belum tahu sih), terbukti setelah hari pertama behel ini terpasang, saya merasakan ngilu luar biasa dan  welcome to my first SARIAWAN. Mana pas setelah pulang ke rumah saya dalam keadaan lapar tingkat rakus, dengan pe de nya saya melahap tahu bakso dan KLEK! 'taring' tambahan berupa ganjalan email buatan di geraham saya menyusahkan saya untuk mengunyah, secara yang namanya geraham kan buat ngunyah, tapi ini malah diganjal, hadeh bayangkan saja coba! gak usah deh, gak usah dibayangkan, percuma juga. Dan meskipun saya udah hati-hati dalam mengunyah, tetap saja ganjalan 'taring' itu cuklek alias copot dari tempatnya, alhasil saya harus balik lagi ke dokter hari senen kemaren untuk menambal ulang ganjelannya dan memasang bracket 1 gigi depan yang copot.


Dokternya bilang sih, katanya gigi depan itu jarang banget copot bracket nya, yang sering malah gigi belakang karena sering dipakai untuk mengunyah. Lah karena saya gak bisa mengunyah, maka bracket di gigi belakang malah baik-baik saja, dan karena 2 gigi depan saya posisinya mundur dan menyebabkan perbedaan elevasi (halah elavasi, terlalu teknik sipil istilahnya) dengan gigi di sampingnya, makanya bracket nya lepas. Ohya sebagai catatan, sejak tragedi tahu bakso itu akhirnya saya hanya makan makanan yang di blend seperti makanan balita, biar gak ngunyah dan gampang ditelen. Dan jangan dibayangkan gimana bentuknya hasil makanan yang benyek-benyek itu, nasi dicampur sayur dan lauk yang menjadi bubur berwarna hijau itu awalnya membuat saya ragu bisa gak masuk ke mulut, tapi demi cacing di perut saya yang meronta-ronta bak gelandangan kelaparan maka saya lahap juga itu nasi blend, dan rasanya ternyata gak beda jauh sama nasi dikasih sayuran yang biasa saya makan, beda di bentuk aja ternyata, hahaha #alasan saat lapar#.




And this is me now!! Udah kelihatan kurus belom?? hihihihihi




6 komentar:

  1. mba mau tanya harga pasang behel atas bawahnya berapa ya? terus dimana? trimakasih :) saya minta banget pake behel soalnya gigi saya sama kaya mbanya

    BalasHapus
  2. aq posisi di surabaya say.. pasang behel di daerah dukuh kupang, namanya diamond dental clinic.. kalo mau lebih jelas, bisa mesej aq di fb atau email ya..

    BalasHapus
  3. dulu sekitar brp mb pasang behelnya?

    BalasHapus
  4. Mbk mau tanya nih hehe, kan aku juga pasien diamond dental clinic. Nah ini kok kliniknya tutup ya? Mohon info ya :) thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh iya kah? udah nanya ke admin BBM nya? biasanya sebelum datang harus appointment dulu ke mbak Dona biasanya. pin BB nya : 26EAE99A

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>