Risoles mayo ku.. Nyyuumm..




risol siap goreng dan satu tester untuk adik saya yang kebetulan gak puasa
Lumayan gatel nih tangan gara-gara lama gak nulis di blog tercinta, i'm so sorry.. habisnya kerjaan bener-bener lumayan menyita waktu sampe lembur-lembur segala, belum lagi cuaca akhir-akhir ini bener-bener mendukung badan yang lagi capek untuk segera masuk ke fase 'sakit'.. Selama bulan puasa ini bahkan ibadah saya kurang full gara-gara beberapa kali (selain karena haid tentunya) harus bolong terawih gara-gara kerjaan atau karena lagi drop.

But, beberapa waktu lalu saya tiba-tiba kepikiran risoles mayo. Yupp.. risoles mayo adalah jajanan kesukaan saya, awalnya saya mengenal snack ini dari konsumsi rapat di kantor, pesen di toko kue rumahan langganan kantor saya. Karena ada acara buka bersama panti asuhan beberapa minggu yang lalu sebelum saya menulis ini, saya didaulat untuk jadi sie konsumsi, dan tentu saja untuk snack kotakan saya memilih risoles mayo untuk salah satu menunya di toko kue langganan kantor saya.


Setelah itu saya sebenarnya masih sangat penasaran untuk bikin sendiri, sampai akhirnya, sahabat saya Pravita lebih dulu membuat resep Risoles Mayo dan dia berhasil, saya jadi tambah penasaran juga untuk mencoba, dan hasilnya sekarang akan saya bagi di sini resep Risol Mayo a la saya. Kebanyakan cuss kayaknya, yukk mari kita caapp dulu ya..

Bahan Kulit Risol :
100 gr Tepung terigu (sudah di ayak)
1 sdt Garam
250 ml Susu cair full cream (susu cair yang tanpa rasa itu lho)
3 butir telur ayam
50 gr mentega dicairkan (cairkan di wajan yang akan dibuat membentuk kulit, biar hemat, hehehe)

Bahan Isi Risol :
Mayonaise original
Keju lembaran dibagi menjadi 8 bagian
Daging asap (bisa diganti pakai sosis, cuma rasanya kurang mantap katanya Pravita)
Daging asap di atas biasanya saya potong kira-kira ukuran 1 cm x 5 cm
Bawang bombay dicincang
Telur orak-arik (kalau selera, kalau tidak ya cukup bahan isi di atas)

Bahan untuk lapisan Risol :
2 butir telur ayam dikocok
Tepung Panir, tepung tempura, tepung nugget, atau bisa juga cuma tepung terigu biasa.

Cara membuat kulit Risol :
  1. Tepung terigu dicampur dengan garam, lalu masukkan telur ayam satu persatu
  2. Campurkan bahan sampai rata hingga tidak ada yang menggumpal
  3. Setelah tercampur rata, baru masukkan susu cair perlahan-lahan, lalu di aduk sampai rata
  4. Terakhir, masukkan mentega cair lalu aduk lagi hingga rata.
  5. Ada yang bilang, katanya harus didiamkan 30 menit dulu adonannya, tapi setelah saya praktekkan, didiamkan atau tidak kok tidak ada bedanya ya, jadi saya sarankan gak usah didiamkan deh.
  6. Panaskan wajan teflon, kalau tidak ada ya wajan cekung biasa boleh lah, asal gak lengket aja nanti (biasanya yang bikin lengket itu wajan cekung alumunium yang ringan itu).
  7. Tidak perlu memasukkan mentega atau minyak lagi ke wajan, karena adonan sudah mengandung minyak dari mentega cair, dijamin tidak lengket.
  8. Masukkan sesendok sayur adonan kulit ke dalam wajan lalu ratakan ukuran lingkaran kulit sesuai selera, jangan terlalu besar nanti kulit akan terlalu tipis, jangan terlalu kecil juga karena nanti akan susah membungkus isinya kalau kulitnya terlalu kecil.
  9. Adonan yang saya buat ini bisa jadi 15-18 kulit tergantung sama sendok sayurnya, jadi untuk bahan isi nanti disesuaikan dengan jumlah kulit yang jadi.
  10. Lakukan membentuk kulit risol hingga adonan habis.
  11. Setelah adonan habis, bisa dilanjutkan dengan memanaskan daging asap, agar tidak berasa terlalu mentah nanti.

Cara membuat Risol Mayo :
Ambil kulit risol, susun di atasnya masing-masing :
  1. mayonaise 1 sdt taruh memanjang
  2. 1 potong keju lembaran yang sudah dibagi 8 bagian tadi.
  3. Daging asap yang telah di potong
  4. tumpuk lagi dengan keju 1 potong
  5. Tutup dengan daging asap potong lagi
  6. Lalu ditumpuk keju lagi 1 potong
  7. Atasnya ditutup lagi dengan mayonaise secukupnya lalu ditaburi bawang bombay sedikit saja.
  8. Kalau ada telur orak-arik, cukup diberi daging asap 1 potong saja, biar tidak kepenuhan.