Kali ini resep Bistik Lidah


Jangan dibayangin bentuk lidah sapi di atas ya kalau sudah ada bistik lidah sapi tersaji dalam sebuah piring lengkap dengan saos dan sayuran kukusannya. Saya yakin penikmat 'daleman' seperti saya ini tidak akan peduli walau gambar itu di letakkan bersama piring saji bahkan dengan kondisi gambar di zoom sekalipun, hehehe.

Kali ini saya masih mau berbagi resep lagi yaitu bistik lidah sapi yang baru tadi pagi saya praktekkan, maklum kemaren waktu hari raya kurban masih dapat jatah lidah yang memang sudah saya ancang-ancang kalau dapat lidah lagi tahun ini, bakalan saya bikin bistik yang nyummy baeudhhh.. hahahaha.

 Bahan :
  • Lidah sapi mentah ya..
  • 5 siung Bawang merah
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 siung Bawang bombay
  • 1 sendok teh merica bubuk, merek ladak*
  • 1/2 sendok teh bubuk pala
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Setengah bungkus mas*ko sapi
  • Kecap manis secukupnya
  • 1 sendok teh Sa*ri saos tiram
  • 2 sendok makan Mayonaise, kalau bisa mayonaise yang sudah berbumbu seperti merek mamas*ka
  • 1 sendok makan Tepung maizena larutkan dalam sedikit air
  • Mentega secukupnya 

Cara membuat :
  • Cara lama dalam membersihkan permukaan lidah sapi adalah dengan merebusnya kemudian permukaan lidah dikerok (dengan sekuat tenaga) sampai bersih. Tapi cara versi saya adalah, cukup siapkan prestoan, isi air sekitar 1000ml, lalu masukkan lidah sapi yang sudah dicuci. Tunggu sampai tombol panas presto bergoyang (cieee bergoyang) lalu hitung selama 45 menit mulai dari situ.
  • Setelah 45 menit, matikan kompor dan diamkan panci presto sampai dingin (hmm.. kira-kira 1-2 jam an lahh..) lalu buka tutup prestonya, dan kamu akan mendapati permukaan lidah yang keras dan ngguilani itu akan mengelupas sedikit, tinggal kita bantu ngelupas pake mata merem maka sekejap mata lidah akan bersih dari permukaannya yang kasar itu. Dan resep ini hanya bagi orang yang punya panci presto ya, kalau tidak punya, hmm.. sayangnya kamu harus pake cara lama.
  • Siapkan ulekan (mikir bahasa indonesia yang bener ULEKAN itu apa ya? eh ternyata cobek, hehehe), lalu haluskan bawang putih, bawang merah, merica, bubuk pala, garam, dan gula. Saya kasih saran untuk mengulek ya, terlebih dahulu uleklah bawang merah yang udah dipotong jadi setengah ruas jari dengan cara dipukul-pukul dulu, lalu beri garam baru diulek, setelah itu masukkan bawang putih, diulek lagi dengan ditambahkan gula, baru masukkan merica dan bubuk pala. Pasti cepet halus deh. Kalau gak mau susah ya di blender juga sok atuh, hihihi.
  • Jika bumbu utama sudah halus, beri mayonaise, saos tiram lalu diulek lagi. Kemudian tambahkan sedikit air (kalau bisa air kaldu sapi) lalu diulek pelan sampai rata, baru tambahkan mas*ko dan kecap, diaduk lagi.
  • Rendam lidah yang sudah dipotong sesuai selera dengan bumbu yang sudah jadi tadi selama 30 menit. setelah itu tiriskan. Baru deh bisa di grill diatas api sedang.
  • Sisa bumbu tadi jangan dibuang, karena akan dibuat saos dari sisa bumbu rendaman itu.

Cara membuat saos bistik :
  • Rajang bawang bombay lalu di tumis dengan sedikit mentega.
  • Masukkan sisa bumbu rendaman lalu tambahkan lagi air secukupnya (lagi-lagi kalau bisa ya air kaldu, tapi saya sendiri gak pakai air kaldu juga sudah enak kok, hehehe)
  • Tambahkan gula, atau garam, atau kecap secukupnya jika rasa saus masih belum menendang di lidah, kali ini pake feel yaaa..
  • Setelah itu masukkan larutan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai mengental.

Sajikan bistik lidah ini dengan saos terpisah ya, biar gak nyenyek, becek-becek gak ada ojyeeek.. Boleh juga ditambahkan kentang, wortel, dan buncis yang sudah di steam alias di kukus terlebih dahulu.. Met menikmati bistik lidahnya yaaaa...


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
; //]]>